Skip to content
Power Supply Unit

Jangan Sampai Terjadi, Kenali Ciri-ciri Power Supply Rusak

Deskripsi:  Komputer kamu mendadak mati saat digunakan? Bisa jadi kondisi tersebut merupakan ciri-ciri power supply rusak. Ketahui ciri selengkapnya dalam ulasan berikut.

Berbagai perangkat elektronik pasti tidak akan berfungsi jika tidak diberi arus listrik sebagai sumber tenaganya. Nah, sama halnya dengan komputer yang perlu suplai daya listrik untuk bisa beroperasi.

Untuk komputer, power supply yang kemudian berfungsi sebagai penyuplai listrik. Saat Power Supply rusak otomatis komputer kamu tidak akan bisa beroperasi. Bagaimana ciri-ciri power supply rusak?

Cari tahu jawabannya pada ulasan berikut.

Kipas Power Supply Tidak Berputar

Kipas pada Power Supply berfungsi untuk mendinginkan komponen yang ada pada komputer. Jika kamu menemukan kipas pada Power Supply tidak lagi berputar walaupun komputer sudah menyala, kondisi ini mengindikasikan Power Supply sudah rusak.

Kipas Power Supply yang berhenti beroperasi akan mengakibatkan komputer lama-kelamaan akan gagal melakukan booting karena suhu komponen pada komputer panas. Alhasil, bukan hanya power supply rusak tapi komputer pun ikutan rusak.

Komputer Tidak Bisa Dinyalakan

Saat komputer kamu tiba-tiba tidak bisa dinyalakan jangan langsung menyimpulkan bahwa keseluruhan perangkat komputer telah rusak semuanya. Salah satu penyebab komputer gagal beroperasi karena terjadi kerusakan pada power supply.

Power supply rusak tentunya akan gagal menghantarkan arus listrik dari sumber utama ke dalam komputer. Saat menemui kondisi demikian, menggunakan jasa servis komputer bisa menjadi solusi terbaik.

Terjadi Stuck pada Setting BIOS

Saat terjadi kerusakan pada power supply, maka saat kamu menyalakan komputer akan terjadi stuck pada setting BIOS. Alhasil, kamu tidak akan bisa masuk ke halaman desktop atau halaman Windows.

Kerusakan power supply hanya salah satu dari sekian banyak kemungkinan yang menyebabkan halaman Windows tidak tampil. Bisa dikarenakan file program Windows yang rusak, ada masalah pada hardisk komputer, dan lain sebagainya.

Jika komputer masih dapat dinyalakan, dalam artian belum mati total berarti power supply mengalami kerusakan ringan. Namun, hal ini tetap butuh penanganan untuk mencegah kerusakan yang lebih parah.

Komputer Tiba-tiba Mati Sendiri

Satu lagi ciri power supply PC rusak, dimana komputer tiba-tiba mati sendiri saat digunakan. Power supply yang menjadi pemasok arus listrik utama agar komputer bisa bekerja bisa saja rusak karena aliran listrik yang tidak stabil.

Hal ini pula yang menyebabkan komputer mati tiba-tiba atau mendadak Windows melakukan restart sendiri.

Performa Komputer Menurun

Saat arus listrik dari sumber utama tidak stabil atau tidak mampu mencukupi daya yang dibutuhkan perangkat komputer untuk bekerja maka power supply lama-kelamaan akan mengalami kerusakan.

Power supply yang tidak bekerja secara maksimal akan membuat performa komputer menurun. Ditandai dengan semakin lambatnya komputer membuka atau memproses suatu file. Bahkan bisa mengakibatkan beberapa program tidak dapat dibuka sama sekali.

Tanda power supply rusak atau mengalami gangguan yaitu pencahayaan dari layar komputer semakin redup. Walaupun pengaturan pencahayaan sudah dibuat agar lebih terang.

Power supply yang sudah terlanjur rusak umumnya sangat sulit untuk diperbaiki. Kebanyakan, jasa servis komputer akan menyarankan kamu untuk mengganti power supply dengan yang baru.

Salah satu cara untuk membuat power supply komputer tetap awet yaitu dengan menggunakan alat stabilizer. Alat ini berfungsi untuk menstabilkan daya listrik atau arus listrik yang masuk ke komputer. Jadi saat tegangan listrik naik turun, power supply tetap bisa bekerja dengan optimal dengan bantuan stabilizer.

Ulasan mengenai ciri-ciri power supply rusak semoga dapat membantumu mengenali gangguan power supply pada komputer kamu.

Artikel sebelumnya 5 Monitor G-Sync Murah Paling Recommended
Artikel berikutnya 5 Motherboard Gaming Murah Yang Bisa Jadi Rekomendasi