Skip to content
Intel WiFi 6 Gig+ Siap Tingkatkan Pengalaman Bermain Game

Intel WiFi 6 Gig+ Siap Tingkatkan Pengalaman Bermain Game

Intel Wifi 6Gig+

Bermain game kini telah menjadi bagian dari gaya hidup masa kini. Gaming terus berkembang dan kini tak hanya sekadar bermain karemna telah menjadi salah satu cabang olehraga yang disebut dengan eSports. Bermian game online kadang membutuhkan koneksi kabel yang dirasa kurang praktis, Intel mencoba menghadirkan solusinya melalui jaringan nirkabel WiFi 6 Gig+ yang memiliki kecepatan lebih tinggi dari standar WiFi 5.

WiFi 6 atau yang juga disebut sebagai AX WiFi adalah standar jaringan nirkabel terbaru yang dirilis oleh WiFi Alliance. Intel menjadi salah satu produsen perangkat keras yang mendukung standar WiFi 6 dengan menghadirkan Intel WiFi 6 Gig+. Tak hanya menyasar pengguna biasa, Intel WiFi 6 Gig+ ini diklaim dapat meningkatkan pengalaman bermain game online.

Intel WiFi 6 Gig+ ini menawarkan kecepatan hingga 3 kali lipat lebih cepat dari WiFi generasi sebelumnya. Teknologi ini menghadirkan channel tambahan di 160Mhz yang menawarkan bandwidth 2x lipat dari 80MHz AC dan mampu mengantarkan data lebih banyak dengan teknologi WiFi 6 1024 QAM. Secara teori, Intel WiFi 6 Gig+ mampu menghsilkan kecepatan hingga 10Gbps.

Hal yang paling menyebalkan saat bermain game online adalah munculnya lag yang disebabkan oleh koneksi internet yang lambat atau latency yang tinggi. Game yang membutuhkan kecermatan dan kecepatan akan sangat terganggu dengan munculnya lag ini dan akhirnya performanya tidak optimal, sehingga gamer gagal memenangkan pertandingan.

Penggunaan jaringan nirkabel Intel WiFi 6 Gig+ ini dapat memangkas lag secara signifikan. Standar teknologi WiFi 6 ini mampu memangkas lantency hingga 75% lebih rendah dari WiFi generasi sebelumnya. Hal ini juga didukung teknologi OFDMA data management dan juga OBSS untuk mengurangi interfernsi.

Intel WiFi 6 Gig+ memiliki fitur Router Traffic Management yang membuat pengguna tidak perlu lagi menunggu perangkat untuk dilayani jaringan. Fitur ini memungkinkan router memprediksikan prioritas kebutuhan agar performa gaming kian kencang.

Salah satu chip yang didesain untuk gaming adalah Killer WiFi 6 AX1650 besutan Rivet Networks yang menggunakan basis Intel WiFi 6 Gig+. Teknologi ini memprioritaskan aktivitas gaming dan video streaming di jaringan nirkabel untuk meningkatkan pengalaman gaming secara signifikan. Kini  Killer WiFi 6 AX1650 telah diaplikasikan pada laptop dan PC gaming oleh vendor terkemuka.

Previous article HP Luncurkan Pavilion Gaming 16, Andalkan Intel Comet Lake
Next article Dell XPS 13 vs XPS 15 vs XPS 17, Pilih Mana?