Skip to content
Ini Tiga Laptop Dell yang Cocok untuk Pelajar & Mahasiswa

Ini Tiga Laptop Dell yang Cocok untuk Pelajar & Mahasiswa

Era internet seperti saat ini, PC dan laptop menjadi salah satu perangkat wajib untuk membantu belajar bagi pelajar dan mahasiswa. Terlebih saat pandemi Covid-19, kegiatan belajar dilakukan dari rumah masing-masing dengan bantuan smartphone atau laptop.

Lalu seperti apa laptop yang ideal untuk pelajar dan mahasiswa? Guna mendukung kegiatan belajar, sebenarnya tidak dibutuhkan spesifikasi yang terlalu tinggi. Sebuah komputer dengan kinerja dasar yang nyaman sudah mencukupi. Berikut ini tiga laptop besutan Dell yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa.

Dell Inspiron 3493

Salah satu laptop yang cukup ideal untuk pelajar dan mahasiswa adalah Dell Inspiron 3493. Laptop ini hadir dengan dimensi yang ringkas dan ringan, sehingga tidak menjadi beban ketika dibawa bepergian. Harga laptop ini mulai Rp 8 juta-an.

Soal performa, Dell Inspiron 3493 terbilang mumpuni di untuk menangani komputasi masa kini dengan dukungan prosesor Intel Core i7-1065G7 generasi ke-10 Ice Lake quad-core yang berlari dengan kecepatan 1,3GHz dengan TurboBoost maksimal 3,9GHz. Adapun varian yang lebih murah dengan prosesor Intel Core i5-1035G1 quad-core 1GHz dengan TurboBoost 3,6GHz.

Varian paling murah menggunakan prosesor Intel Core i3-1005G1 quad-core 1GHz dengan TurboBoost 3,4GHz. Laptop ringan ini ditandemkan dengan memori RAM berkapasitas default 8GB jenis DDR4 dengan kecepatan 2666MHz yang masih dapat di-upgrade jika diperlukan.

Dell Inspiron 3476

Apabila budget tidak memadai, opsi lain yang dapat dipertimbangkan adalah seri Dell Inspiron 3476. Laptop ini dijual dengan harga Rp 6 juta-an, sehingga masih cukup ramah kantong.

Kinerja yang ditawarkan oleh Dell Inspiron 3476 masih sangat memadai untuk menangani tugas sekolah dan kuliah berkat dukungan prosesor Intel Core i3-7020 dan ditandemkan dengan RAM 4GB. Jika memerlukan tambahan tenaga, laptop ini masih dapat dilakukan upgrade RAM.

Salah satu kelebihan seri Dell Inspiron 3476 ini adalah dilengkapi dengan grafis diskrit entry-level dari AMD Radeon 520 yang masih sangat memadai untuk menangani desain grafis dan gaming kasual.

Dell Inspiron 3180

Kandidat berikutnya adalah Dell Inspiron 3180 yang sangat cocok untuk pelajar SD atau SMP yang membutuhkan laptop berukuran kecil dan bobot yang sangat ringan. Dimensi Dell Inspiron 3180 sangat ringkas karena dibekali dengan layar berukuran lebih kecil dari dua saudaranya, yakni 11,6 inci.

Selain dimensinya ringkas dan ringan, harga Dell Inspiron 3180 juga sangat terjangkau, yakni mulai Rp 3 juta-an saja. Hal ini masih didukung dengan sistem operasi Windows 10 asli pre-installed di dalamnya, sehingga tidak perlu repot membeli lisensi dan melakukan instalasi lagi.

Soal performa, Dell Inspiron 3180 ini masih memadai untuk menangani aneka tugas kuliah maupun sekolah dengan dukungan prosesor AMD A9-9420e yang ditandemkan dengan RAM sebesar 4GB.

Demikian tiga buah laptop andalan Dell yang cocok untuk menemani pelajar dan mahasiswa menuntut ilmu. Performa ketiga laptop tersebut sudah cukup nyaman untuk menagani komputasi sehari-hari dan membantu menyelesaikan tugas-tugas pelajar dan mahasiswa.
Artikel sebelumnya Dell Inspiron 5391, Laptop Ringkas Powerful dengan Bobot Hanya 1,24kg
Artikel berikutnya Asus A409JB, Laptop Menengah Bertenaga Intel Core i5-1035G1