Skip to content
Ini 6 Fitur Terbaik di Windows 11 yang Bikin Pengen Upgrade!

Ini 6 Fitur Terbaik di Windows 11 yang Bikin Pengen Upgrade!

Microsoft telah menghadirkan upgrade Windows 11 secara gratis bagi pengguna PC atau laptop yang saat ini masih menggunakan Windows 10. Rilis upgrade melalui Windows Update digelar mulai tanggal 5 Oktober lalu dan saat ini cukup banyak pengguna yang sudah mendapatkan notifikasi upgrade.

Ada banyak pertimbangan sebelum memutuskan upgrade ke Windows 11. Salah satu keunggulan sistem operasi Windows 11 ini adalah banyaknya fitur baru yang siap mendongkrak produktivitas penggunanya. Berikut ini adalah 6 fitur unggulan yang dimiliki oleh sistem operasi Windows 11.

Menjalankan Aplikasi Android

Salah satu daya tarik utama dari sistem operasi Windows 11 adalah dapat menjalankan aplikasi Android seperti menjalankan aplikasi native di Windows. Fitur ini sebenarnya telah ditunggu-tunggu oleh pengguna. Meski demikian, fitur ini belum benar-benar dapat digunakan oleh semua pengguna Windows 11 karena masih dalam tahap uji coba.

Nantinya pengguna Windows 11 dapat menjalankan aplikasi Android dengan cara mengunduh Amazon App Store melalui Microsoft Store. Amazon App Store sendiri saat ini telah menyediakan lebih dari 500 ribu aplikasi Android, mulai dari Disney Plus, TikTok, Netflix, Pinterest, dan banyak lagi. Menarik bukan?

Widget

Microsoft telah menhadirkan fitur widget dengan antarmuka yang rapi dan informatif di Windows 11. Pengguna dapat melihat informasi seperti prakiraan cuaca, headline berita, kalender, dan banyak lagi. Sebelumnya fitur ini sebenarnya sudah tersedia sejak Windows Vista, tetapi di Windows 11 ini, widget lebih informatif dan semakin pintar berkat dukungan AI.

Microsoft Teams

Microsoft menghadirkan aplikasi Teams secara pre-installed di Windows 11. Aplikasi Microsoft Teams ini memiliki fungsi yang sama seperti Zoom atau Google Meet yang memungkinkan pengguna terhubung dengan pengguna Teams lain di Windows, Apple Mac OS, iOS atau Android. Teams memiliki integrasi yang lebih baik dan mendalam di Windows 11 sehingga lebih nyaman digunakan untuk sekadar berkomunikasi atau meeting virtual.

Multiple Desktop

Andan sering bekerja multitasking dan membuka banyak window sekaligus? Fitur Multiple Deskop di Windows 11 akan memudahkan penggunas melakukan multitasking. Pengguna dapat membuat desktop virtual melalui ikon virtual desktop atau shortcut Win + Tab. Ini akan memudahkan pengguna mengorganisasi window yang dibuka dan berpindah dengan cepat. Pengguna juga dapat melihat semua window dan desktop yang tersedia dengan cara hover ke ikon virtual desktop, seperti Mission Control di Apple Mac OS.

Snap Layouts

Fitur Snap Layouts akan memudahkan pengguna yang menjalankan banyak window aplikasi sekaligus dan menatanya sesuai dengan kebutuhan. Opsi tata letak yang disediakan berbeda-beda, sehingga pengguna dapat memilih sesuai kebutuhan.

Snap Groups

Snap Groups adalah fitur tingkat lanjut dari Snap Layouts yang memudahkan pengguna bekerja dengan banyak window aplikasi. Snap Groups ini berisi kumpulan window yang dibuka oleh pengguna dan diatur tata letaknya oleh Snap Layouts. Saat pekerjaan belum selesai, pengguna dapat menyimpan Snap Groups dan melanjutkannya esok hari tanpa harus mengatur Snap Layouts dari awal.
Previous article Mengenal Cryo-Tech, Teknologi Pendingin Rahasia di Laptop Alienware
Next article Dell G15-5515, Laptop Gaming Terjangkau Bertenaga Ryzen 5 5600H