Skip to content
Chromebook

Ini 4 Alasan Chromebook Cocok untuk Bisnis

Meski sebenarnya sudah lama tersedia di pasaran, tetapi popularitas Chromebook baru mulai mengalami peningkatan signifikan di Indonesia sejak munculnya proyek laptop dalam negeri yang dijuluki laptop Merah Putih. Chromebook sendiri pada dasarnya adalah sebuah laptop biasa dengan form factor clamshell atau hybrid. Hal yang membedakan dengan laptop pada umumnya, Chromebook menggunakan sistem operasi Chrome OS besutan Google yang berbasis online.

Solusi Chromebook mulai digencarkan untuk media pembelajaran jarak jauh dan beberapa vendor laptop seperti Asus dan Acer pun turut menghadirkan solusi untuk ini. Pertanyaan yang muncul di benak banyak orang termasuk penulis, bisakah Chromebook digunakan untuk binis? Jawabnya sangat bisa. Berikut empat alasan Chromebook cocok untuk bisnis dan work from home (WFH).

Setup Mudah dan Langsung Siap Digunakan

Salah satu keunggulan Chromebook untuk bisnis adalah setup atau setting awal yang mudah. Saat keluar dari boks, pengguna cukup login dengan akun Google dan Chromebook sudah siap digunakan untuk bekerja. Aplikasi dasar untuk bekerja seperti Office, browser, dan sebagainya sudah terinstal dan langsung siap digunakan tranpa harus repot instalasi lagi.

Dukungan Aplikasi Lengkap

Google cukup serius mengembangkan Chromebook agar dapat menjadi solusi bagi aneka macam kebutuhan komputasi. Ketersediaan aplikasi tidak lagi menjadi masalah bagi pengguna Chromebook karena di dalamnya sudah tersedia aplikasi Office, browser, text editor, online meeting, hingga remote desktop (RDP) juga tersedia di Chrome OS.

Pengguna dapat menambahkan aplikasi yang dibutuhkan melalui Chrome Web Store. Bagi yang membutuhkan aplikasi editir foto dan video sederhana, sosial media, dan aplikasi lainnya tak perlu repot karena Chrome OS terbaru telah kompatibel dengan aplikasi Android dan tersedia Google Play Store untuk memudahkan pengguna mengunduh aplikasi yang dibutuhkan.

Aman dan Risiko Kehilangan Data Lebih Kecil

Salah satu keunggulan Chrome OS adalah lebih aman dari virus atau malware yang secara umum didesain untuk menyerang sistem operasi lain. Tak hanya itu, Google juga memberikan update secara berkala untuk menutup celah keamanan yang mungkin dimanfaatkan oleh penyusup. Selain itu, jika terjadi masalah dengan perangkat lunak Chromebook, pengguna hanya perlu melakukan reset dan login kembali, semua masalah selesai dalam waktu singkat.

Kelebihan lain dari Chrome OS adalah berbasis daring atau online, serta mayoritas data tersimpan di di Google Drive. Sehingga ketika perangkat Chromebook mengalami kerusakan atau harus dilakukan reset, data masih tetap aman.

Daya Tahan Baterai

Pebisnis yang memiliki mobilitas tinggi kadang tidak sempat mengisi daya laptopnya atau mungkin repot jika harus membawa serta charger dalam tasnya. Chromebook cocok untuk mendampingi pebisnis dengan mobilitas tinggi karena daya tahan baterainya yang andal. Rata-rata Chormebook yang beredar di pasaran menawarkan daya tahan baterai hingga lebih dari 10 jam, sehingga tidak tergantung pada charger jika hanya bekerja secara mobile dalam waktu satu atau dua hari.

Previous article Ini 5 Keunggulan Alienware m15 R6 yang Membuatnya Cocok untuk Hardcore Gamer
Next article Asus Chromebook Flip C434TA, Cocok untuk Pebisnis dengan Mobilitas Tinggi