Skip to content
Game Android Tak Lama Lagi Bisa Dimainkan di Windows 11

Game Android Tak Lama Lagi Bisa Dimainkan di Windows 11

Tak hanya aplikasi Android saja yang bisa berjalan di sistem operasi Windows 11, tetapi juga game Android. Buikan tak mungkin nantinya pengguna Windows dapat memainkan game-game populer di Android seperti Mobile Legends: Bang Bang, Call of Duty Mobile, Free Fire, dan game populer lainnya langsung melalui PC atau laptop mereka.

Belum lama ini raksasa mesin pencari Google telah mengungkapkan bahwa pihaknya sedang mengembangkan agar game Android dapat berjalan di PC atau laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 10 dan Windows 11. Hal yang mengejutkan adalah Google mengembangkannya tanpa campur tangan Microsoft atau pengembang lain seperti BlueStacks.

Lalu apa kelebihan atau keuntungan yang didapat pengguna dengan hadirnya game Androod di Windows 10 dan Windows 11? Google menggunakan pendekatan game lintas platform yang menawarkan pengalaman bermain yang seamless atau smooth antar platform. Misalnya pemain sedang memainkan game melalui smartphone dan tablet Android miliknya dan ketika sampai di rumah, mereka dapat melanjutkan permainan tadi di PC atau laptop.

Berdasarkan informasi yang penulis himpun, platform game ini akan menggunakan nama Google Play Games dan nantionya tidak membutuhkan persayaratan khusus. Uniknya, Google Play Games ini dikembangkan sendiri oleh Google dan tidak terkait dengan fitur Android subsystem yang dikembangkan Microsoft di sistem operasi terbaru mereka, Windows 11.

Google Play Games dipastikan akan hadir mulai tahun 2022 mendatang dan diharapkan dapat tersedia luas ke semua penngguna PC atau laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 10 dan Windows 11. Sejauh ini belum ada tanggapan dari Microsoft mengenai kehadiran Google Play Games di Windows.

“Mulai tahun 2022, pemain akan dapat merasakan game Google Play favorit mereka di lebih banyak perangkat: beralih dengan mulus antara ponsel, tablet, Chromebook, dan segera, PC Windows. Produk buatan Google ini menghadirkan yang terbaik dari Google Play Game ke lebih banyak laptop dan desktop, dan kami sangat senang dapat memperluas platform kami bagi para pemain untuk lebih menikmati game Android favorit mereka.”

“Ini akan menjadi aplikasi Windows asli yang didistribusikan oleh Google, yang akan mendukung Windows 10 dan lebih tinggi,” Hartrell merinci lebih lanjut. “Itu tidak akan melibatkan streaming game," kata Greg Hartrekll, Direktur Produk Google.

Sebelumnya Windows 11 digadang-gadangkan dapat menjalankan aplikasi Android dan hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri. Namun, aplikasi Android yang dimaksud Microsoft ini menggunakan pendekatan yang berbeda dari Google Play Games yang dikembangkan Google. Microsoft telah mengintegrasikan Android subsystem dalam Windows 11 agar dapat menjalankan aneka aplikasi Android.

Previous article Dell Inspiron 15 3511, Laptop 15 inci yang Cocok untul All Rounder
Next article Dell Vostro 14 5410, Laptop Bisnis Kencang Bertenaga Intel Core i5-11320H