Skip to content
Dell XPS 13 vs XPS 15 vs XPS 17, Pilih Mana?

Dell XPS 13 vs XPS 15 vs XPS 17, Pilih Mana?

dell xps

Dell XPS adalah salah satu lini laptop premium yang cukup populer. Dukungan performa yang tinggi, dimensi yang ringkas, dan daya tahan baterai andal menjadi ciri khas lini XPS. Saat ini terdapat tiga varian utama lini Dell XPS, yakni XPS 13, XPS 15, dan XPS 17. Lalu mana yang harus dipilih dari ketiga lini tersebut?

Dell XPS 13

Dell XPS 13 ini menawarkan dimensi yang paling ringkas dan bobot paling ringan jika dibandingkan dua kakaknya. Performa yang ditawarkan laptop ini suda relatif memadai untuk menangani komputasi menengah sehari-hari.

Hal yang menarik dari Dell XPS 13 generasi terbaru adalah tampil dengan layar berdesain bezelless atau tanpa bingkai yang cantik. Tak hanya itu, daya tahan baterainya pun bisa diandalkan, sehingga cocok bagi traveler atau pengguna yang memiliki mobilitas tinggi.

Dell XPS 15

Bagi pengguna yang membutuhkan performa yang lebih powerful dan sering menangani pekerjaan yang terkait grafis, tampaknya Dell XPS 15 adalah pilihan yang lebih tepat. Dell XPS 15 hadir dengan prosesor yang lebih kencang dan dilengkapi dengan grafis diskrit Nvidia GeForce GTX 1650 untuk varian dasar.

Kelebihan Dell XPS 15 ini adalah dibekali dengan layar berukuran lebih luas, sehingga lebih leluasa untuk bekerja dengan spreadsheet rumit atau editing video. Selain itu, Dell XPS 15 menyediakan varian dengan layar resolusi 4K. Sayangnya, harga yang ditawarkan oleh Dell XPS 15 lebih mahal dari XPS 13.

 Dell XPS 17

XPS 17 adalah lini yang sempat mati suri selama beberapa tahun dan kini kembali dihidupkan oleh Dell. Selain menawarkan layar berukuran lebih besar, seri Dell XPS 17 ini juga dibekali dengan daya tahan baterai yang jauh lebih mumpuni ketimbang Dell XPS 15.

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh Dell XPS 17 adalah port konektivitas yang lebih lengkap, seperti full size SD card reader dan empat buah port Thunedrbolt 3.0. Sayangnya, bobot Dell XPS 17 terutama varian touchscreen memang agak berat.

Kesimpulan

Lalu mana yang harus dipilih? Semua kembali pada kebutuhan masing-masing pengguna. Bagi yang memiliki mobilitas tinggi dan membutuhkan laptop yang bisa diandalkan, dapat memilih Dell XPS 13. Jika membutuhkan performa dan grafis yang lebih kencang, maka Dell XPS 15 lebih tepat.

Namun bagi kerator konten, fotografer atau video editor tampaknya lebih cocok Dell XPS 17. Tak hanya menawarkan layar yang lebih luas, tetapi juga performa yang lebih kencang dengan daya tahan baterai andal di kelasnya, seperti yang dilansir dari Laptopmag.

Previous article Intel WiFi 6 Gig+ Siap Tingkatkan Pengalaman Bermain Game
Next article Dell Latitude 9510, Laptop Bisnis dengan Baterai Tahan 34 Jam!