Skip to content
Dell Vostro 3681 SFF, Komputer Desktop Super Ringkas Cocok untuk Bisnis

Dell Vostro 3681 SFF, Komputer Desktop Super Ringkas Cocok untuk Bisnis

Saat ini laptop sudah sangat umum digunakan dan bahkan mulai menggantikan peran PC desktop di kantor. Namun, ada beberapa kelebihan yang ditawarkan PC desktop yang tak dimiliki oleh laptop, seperti kemampuan upgrade, felksibilitas penggunaan, dan juga performa yang lebih tinggi. PC desktop zaman sekarang juga tak selalu berukuran besar, salah satunya adalah Dell Vostro 3681 SFF yang mengusung bodi super ringkas di kelasnya.

Sesuai namanya, Dell Vostro 3681 SFF ini menggunakan casing SFF (Small Form Factor) yang berukuran jauh lebih kecil dari PC desktop yang menggunakan casing full tower. Lini Vostro selama ini didesain untuk pengguna segmen bisnis, kantoran, dan juga enterprise, sehingga didukung fitur keamanan yang lengkap.

Harga komputer Dell Vostro 3681 SFF berdasarkan pantauan penulis relatif bervaeriasi sesuai dengan konfigurasi atau spesifikasi yang diusungnya. Varian terendah dengan prosesor Intel Core i3 dijual dengan harga mulai Rp 9 jutaan.

Performa yang ditawarkan oleh Dell Vostro 3681 SFF tak jauh berbeda dengan PC desktop reguler dengan dukungan prosesor kelas desktop juga. Saat ini ada dua pilihan prosesor yakni Intel Core i7-10700 generasi Comet Lake yang mengusung octa-core 16 thread dengan kecepatan standar 2,9Ghz dan Turbo hingga 4,8GHz.

Sedangkan Dell Vostro 3681 SFF varian yang lebih murah ditenagai oleh prosesor Intel Core i3-10100 generasi Comet Lake yang mengusung quad-core 8 thread dengan kecepatan standar 3,6Ghz dan Turbo hingga 4,3GHz. Tak heran, komputer mini ini sanggup menangani beban pekerjaan kantor yang cukup berat.

Komputer mini Dell Vostro 3681 SFF dibekali dengan memori RAM mulai dari 4GB dan masih dapat dilakukan upgrade hingga maksimal 32GB DDR4 2666MHz jika dibutuhkan. Tak heran, performanya cukup andal menjalankan banyak aplikasi dalam satu waktu atau multitasking.

Sektor media penyimpanan, Dell Vostro 3681 SFF ini tersedia dalam beberapa varian seperti hard disk 1TB SATA dengan 7200rpm bagi yang menggunakan prosesor Core i3. Selain itu, juga tersedia varian dengan dukungan SSD 512GB untuk varian dengan prosesor Intel Core i7.

Dalam paket pembeliannya, Dell Vostro 3681 SFF ini sudah disertakan dengan monitor Dell E2016HV LCD berukuran 19,5 inci dengan resolusi full HD, keyboard, dan mouse wired atau berkabel. Tak heran, komputer ringkas andalan Dell ini sudah siap digunakan untuk bekerja tanpa harus membeli komponen lainnya.

Keunggulan Dell Vostro 3681 SFF adalah sudah menggunakan sistem operasi Microsoft Windows 10 Home x64 lengkap dengan Microsoft Office Home & Student 2019 yang nantinya dapat di-upgrade ke Windows 11. Selain itu, Dell Vostro 3681 SFF didukung dengan garansi tiga tahun dengan Dell Pro Support yang memudahkan pengguna untuk menghubungi layanan after sales Dell ketika mengalami masalah dan teknisi akan datang untuk memperbaiki tanpa harus repot mengangkut sendiri PC ke service center.

Sebagai sebuah PC yang dirancang untuk segmen bisnis dan pengguna kantoran, sektor keamanan mendapat perhatian khusus. Dell Vostro 3681 SFF ini dibenamkan dengan fitur TPM 2.0, Dell SafeBIOS, dan Dell SafeData guna menjamin keamanan data yang tersimpan di dalamnya. Selain itu, Dell Vostro 3681 SFF sudah menggunakan power supply dengan daya 200W yang telah memenuhi rating Bronze guna memastikan kestabilan pasokan daya ke komponen.
Previous article Apakah SSD Bisa Bad Sector? Ini Jawaban dan Penjelasannya
Next article Dell Inspiron 5415, Laptop All Rounder Kencang Bertenaga AMD Ryzen 5000