Skip to content
Dell PowerEdge T40, Server Andal dengan Harga Terjangkau

Dell PowerEdge T40, Server Andal dengan Harga Terjangkau

Komputer kelas server tak selalu harus ditebus dengan harga yang mahal, salah satunya adalah PowerEdge T40 yang merupakan lini server termurah besutan Dell. Segmen server memang berbeda dengan konsumer karena mengunggulkan keandalan dan performa yang konsisten. Harganya yang terjangkau membuat Dell PowerEdge T40 ini cocok untuk SMB (Small Medium Business), UMKM, dan SOHO (Small Office Home Office).

Server Dell PowerEdge T40 ini tampil dengan casing form factor mini tower yang ringkas dengan desain yang simpel. Hal yang unik dari Dell PowerEdge T40 adalah dilengkapi dengan front panel yang terdapat aneka port seperti USB, port audio 3,5mm, dan bahkan port USB Type-C seperti sebuah komputer desktop. Selain itu, casing Dell PowerEdge T40 dapat dibuka tanpa bantuan alat karena sudah tidak menggunakan mekanisme sekrup. Ini sangat memudahkan meintenance atau upgrade,

Berbicara soal performa, Dell PowerEdge T40 ini cukup powerful di kelasnya dengan dukungan prosesor kelas server Intel Xeon E-2224G yang mengusung quad-core dengan kecepatan 3,5GHz dan TurboBoost hingga 4,7GHz. Proseseor Intel Xeon E-2224G ini menggunakan arsitektur Intel Core generasi ke-9 dengan nama sandi Coffee Lake yang diproduksi dengan teknologi 14nm++ yang cukup efisien.

Mengapa memilih server denan prosesor Xeon seperti Dell PowerEdge T40 ini? Prosesor Intel Xeon sejak awal memang didesain untuk segmen bisnis yang fokus pada server dan workstation. Tak heran, lini prosesor Intel Xeon menawarkan kestabilan dan keandalan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan prosesor Intel kelas konsumer. Prosesor server seperti Xeon juga lebih cocok dengan misi yang bersifat kritikal dnegan dukungan RAM jenis ECC (Error Correction Code).

Tak hanya mengandalkan performa prosesor yang tinggi, server Dell PowerEdge T40 juga diperkuat dengan memori RAM berkapasitas 8GB jenis ECC DDR4-2133MHz. Jika nantinya membutuhkan kapasitas RAM yang lebih besar, PowerEdge T40 ini masih dapat di-upgrade sesuai kebutuhan.

Berbicara soal kemampuan grafis, komputer server seperti Dell PowerEdge T40 ini memang tidak membutuhkan performa grafis yang kencang. Meski demikian, PowerEdge T40 ini dibekali dengan GPU terintegrasi dari Intel UHD Graphics P630 yang mengusung 24 EUs dengan kecepatan 300MHz dan turbo hingga maksimal 1150Mhz.

Sedangkan untuk storage, komputer server Dell PowerEdge T40 ini menggunakan hard disk berkapasitas 1TB 7200rpm SATA. Storage komputer server ini dapat di-upgrade ke SSD atau ke hard disk dengan kapasitas yang lebih besar lagi sesuai kebutuhan. Selain itu, PowerEdge T40 didukung RAID Controller dari Intel Rapid Storage Controller yang mendukung SATA 6Gbps maupun SATA 3Gbps.

PowerEdge T40 didukung konektivitas yang cukup lengkap dengan noetwork kontroler Intel I219-LM untuk Gigabit Ethernet, port USB 2.0, port USB 3.1, port PS2, port DisplayPort, port Serial, dan port audio 3,5mm. Tak lupa, Dell PowerEdge T40 didukung unit PSU 300W dengan sertifikat Bronze untuk menjamin kestabilan dan keandalannya.

Harga server Dell PowerEdge T40 cukup terjangkau, yakni mulai Rp 9 jutaan untuk varian dengan RAM 8GB dan storage HDD 1TB. Adapun varian dengan RAM dan storage yang lebih tinggi yang dapat diilih jika dibutuhkan.

Artikel sebelumnya Ini Spesifikasi dan Harga Chromebook Lokal yang Akan Diproduksi di Indonesia
Artikel berikutnya Apa Perbedaan Chromebook dan Laptop? Wajib Baca Sebelum Beli