Skip to content
Dell Optiplex 3070 MFF

Dell Optiplex 3070 MFF, PC Desktop Ringkas yang Cocok untuk Kantor

PC desktop biasanya membutuhkan ruang yang lebih luas karena ukurannya yang cukup besar. Lalu bagaimana jika ruang kerja atau meja kerja berukuran kecil? Solusinya adalah menggunakan PC dengan form factor yang lebih kecil seperti Dell Optiplex 3070 MFF. Berbeda dengan PC desktop yang biasanya dibekali dengan form factor full tower, Dell Optiplex 3070 MFF menggunakan form factor yang lebih kecil yakni MFF (Micro form Factor).

Sesuai namanya, Dell Optiplex 3070 MFF ini tampil dengan ukuran tower yang sangat kecil dan ringkas, sehingga lebih leluasa ditempatkan di ruangan atau meja yang terbatas. Lebar casing Dell Optiplex 3070 MFF ini hanya 3,6 cm dan tingginya hanya 18,2 cm. Tak hanya ukurannya yang ringkas, komputer mini andalan Dell ini juga sangat ringan, hanya 1,18 kilogram saja.

Berdasarkan pantauan penulis, komputer ringkas Dell Optiplex 3070 MFF ini dirancang khusus untuk pengguna bisnis, enterprise, dan juga cocok untuk UMKM. Harga yang ditawarkan oleh Dell Optiplex 3070 MFF juga relatif terjangkau, yakni mulai Rp 6 jutaan saja. Desain tower Dell Optiplex 3070 MFF ini cukup elegan dengan sudut yang tajam dan didukung port yang lengkap seperti komputer desktop.

Performa yang ditawarkan oleh Dell Optiplex 3070 MFF tak jauh berbeda dengan PC desktop reguler dengan dukungan prosesor kelas desktop juga, yakni Intel Core i3-9100t yang mengusung quad-core dengan kecepatan standar 3,1Ghz dan Turbo hingga 3,7GHz. Tak heran, komputer mini ini sanggup menangani beban pekerjaan kantor yang cukup berat.

Komputer mini Dell Optiplex 3070 MFF dibekali dengan memori RAM mulai dari 8GB dan masih dapat dilakukan upgrade hingga maksimal 32GB DDR4 2666MHz jika dibutuhkan. Tak heran, performanya cukup andal menjalankan banyak aplikasi dalam satu waktu atau multitasking.

Sektor media penyimpanan, Dell Optiplex 3070 MFF ini tersedia dalam beberapa varian seperti hard disk 500GB atau 1TB SATA dengan 7200rpm. Selain itu, juga tersedia varian dengan dukungan SSD 256GB untuk menginstal sistem operasi, sehingga performanya dapat lebih responsif.

Sebagai sebuah PC yang dirancang untuk segmen bisnis, sektor keamanan mendapat perhatian khusus. Dell Optiplex 3070 MFF ini dibenamkan dengan fitur TPM 2.0, Dell SafeBIOS, dan Dell SafeData guna menjamin keamanan data yang tersimpan di dalamnya.

Dalam paket pembeliannya, Dell Optiplex 3070 MFF ini sudah disertakan dengan monitor Dell LED LCD berukuran 21,5 inci dengan resolusi full HD, keyboard, dan mouse wireless. Tak heran, komputer ringkas andalan Dell ini sudah siap digunakan untuk bekerja tanpa harus membeli komponen lainnya.

Keunggulan Dell Optiplex 3070 MFF adalah sudah menggunakan sistem operasi Microsoft Windows 10 Home x64 yang nantinya dapat di-upgrade ke Windows 11. Selain itu, Dell Optiplex 3070 MFF didukung dengan garansi tiga tahun dengan Dell Pro Support yang memudahkan pengguna untuk menghubungi layanan after sales Dell ketika mengalami masalah dan teknisi akan datang untuk memperbaiki tanpa harus repot mengangkut sendiri PC ke service center.
Previous article Dell Inspiron 5415, Laptop All Rounder Kencang Bertenaga AMD Ryzen 5000
Next article Dell Inspiron AIO 5400, All In One PC Kencang Desain Elegan