Skip to content
Asus Chromebook C425TA

Asus Chromebook C425TA, Cocok untuk Bisnis dengan Daya Tahan Baterai Andal

Solusi laptop Chromebook seperti Asus Chromebook C425TA sangat cocok bagi pebisnis dengan mobilitas tinggi yang hanya membutuhkan aplikasi dasar seperti Office, browsing, online meeting, dan sebagainya. Keunggulan utama Asus Chromebook C425TA adalah ukurannya yang sangat ringkas. Meski mengusung layar berukuran 14 inci, Asus Chromebook C425TA menggunakan chasis laptop 13 inci yang membuatnya sangat ringkas. Selain itu, engselnya dapat diputar 180 derajat atau flat guna menunjang produktivitas.

Tak hanya menawarkan ukuran ringkas dan ringan, Chromebook andalan Asus ini juga dibekali baterai yang andal dan diklaim bertahan hinga 10 jam penggunaan. Sehingga pebisnis tidak perlu repot membawa charger untuk mobile seharian. Harga Asus Chromebook C425TA terebaru di Indonesia saat ini berada di kisaran Rp 8 jutaan. Sejauh ini tak banyak laptop seringkas Asus Chromebook C425TA dan menawarkan baterai panjang di kelas 8 jutaan.

Asus Chromebook C425TA mengandalkan dukungan layar berukuran 14 inci jenis IPS (In-Plane Switching) LCD dengan LED (Light Emiting Diode) backlight resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel yang cemerlang dengan 45% NTSC color gamut dan dipadukan dengan desain 2-sided NanoEdge myang membuat bodinya ringkas.

Kinerja yang ditawarkan oleh Asus Chromebook C425TA ini terbilang powerful meski ditenagai prosesor hemat energi karena ChromeOS memang tidak membutuhkan resource yang besar. Laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel Core m3-8100Y generasi Amber Lake yang mengusung dual-core yang berlari dengan kecepatan standar 1,1GHz dengan fitur TurboBoost hingga 3,4GHz. Laptop ini diperkuat oleh memori RAM sebesar 4GB LPDDR3-2133MHz onboard, sehingga tidak dapat di-upgrade.

Performa grafis Asus Chromebook C425TA ini memang tidak dirancang untuk menangani grafis intensif, tetapi memadai untuk komputasi sehari-hari. Chromebook C425TA ini mengandalkan GPU (Graphics Processing Unit) Intel UHD Graphics 615 yang mengusung 24 execution unit (EUs) dengan kecepatan 300MHz - 1000MHz, tanpa kehadiran grafis diskrit. Performanya sudah mencukupi untuk kebutuhan grafis dasar dan game ringan.

Sistem operasi Chrome OS yang digunakan Asus Chromebook C425TA memiliki sejumlah kelebihan untuk bisnis, salah satunya setup atau setting awal yang mudah. Saat keluar dari boks, pengguna cukup login dengan akun Google dan Chromebook sudah siap digunakan untuk bekerja. Kelebihan lain dari Chrome OS adalah berbasis daring atau online, serta mayoritas data tersimpan di di Google Drive. Sehingga ketika perangkat Chromebook mengalami kerusakan atau harus dilakukan reset, data masih tetap aman.

Pengguna Asus Chromebook C425TA dapat menambahkan aplikasi yang dibutuhkan melalui Chrome Web Store. Bagi yang membutuhkan aplikasi editir foto dan video sederhana, sosial media, dan aplikasi lainnya tak perlu repot karena Chrome OS terbaru telah kompatibel dengan aplikasi Android dan tersedia Google Play Store untuk memudahkan pengguna mengunduh aplikasi yang dibutuhkan.

Sisi konektivitas, laptop Asus Chromebook C425TA yang membidik segmen premium dan bisnis ini cukup lengkap dengan mengandalkan WiFi 802.11ac, Bluetooth, Port USB 3.2 Gen1, Port USB 3.2 Gen1 Type-C (support DisplayPort dan Power Delivery), MicroSD card reader, dan port combo audio.

Sama seperti Chromebook pada umumnya, Asus Chromebook C425TA dibekali dengan media penyimpanan berupa eMMC berkapasitas 64GB untuk menampung data pengguna. Kapasitasnya memang terbilang kecil, tetapi ini dapat dimaklumi mengingat Chrome OS memang tidak membutuhkan storage besar dan mengandalkan cloud storage sebagai media penyimpanannya.

Salah satu keunggulan Asus Chromebook C425TA ini adalah dayatahan baterainya yang mumpuni karena dibekali dengan baterai 3 cell berkapasitas 48Whrs yang diklaim mampu bertahan hingga 10 jam. Ini berarti Chromebook C425TA dapat digunakan bekerja seharian tanpa harus bergantung dengan charger.
Previous article Fakta Menarik Tentang Alienware x15, Laptop Gaming Tertipis dan Paling Powerful
Next article Alienware m15 Ryzen Edition R5, Laptop Gaming Powerful yang Juga Cocok untuk Konten Kreator