Skip to content
Aruba Instant On Networking, Tawarkan Fitur Lengkap untuk UMKM

Aruba Instant On Networking, Tawarkan Fitur Lengkap untuk UMKM

Aruba Instant On adalah solusi jaringan nirkabel instan yang mudah digunakan berupa Access Point (AP) yang cocok untuk digunakan di tempat bisnis, toko, dan UMKM (Usaha Menengah, Kecil, dan Micro). Aruba sendiri adalah sebuah perusahaan yang menjadi bagian dari Hewlett Packard Enterprise yang fokus untuk menyediakan solusi jaringan yang andal. Aruba Instant On pertama kali meluncur di pasar Indonesia sekitar pertengahan 2019 silam.

Solusi Aruba Instant On sendiri mencakup Access Point WiFi yang digunakan di dalam ruangan (indoor) maupun luar ruangan (outdoor). Berbeda dengan solusi jaringan nirkabel kebanyakan yang membutuhkan keahlian dan pengetahuan untuk melakukan konfigurasi, Aruba Instant On ini relatif lebih mudah pengaturan maupun pengelolaannya.

Tak hanya itu, perangkat access point Aruba Instant On siap mendukung mereka yang berada di lokasi kerja yang berjauhan, kelas hybrid, hotel, dan UMKM serta ruang retail dan industri pariwisata. Area dalam dan luar ruangan yang ada akan mendapatkan sinyal nirkabel dengan teknologi Smart Mesh Wi-Fi. Selain itu, access point Aruba Instant On telah mengantongi sertifikat uji dari Wi-Fi Alliance, sehingga kemampuan dan fitur yang diusungnya telah teruji.

Kemudahan dan keandalan solusi Aruba Instant On ini diharapkan dapat membantu UMKM untuk melakukan transformasi digital dengan biaya yang terjangkau, mudah ditingkatkan kapasitasnya, dan kualitas yang baik. Ada beberapa fitur unggulan yang dimiliki oleh Aruba Instant On networking yang membuatnya cocok untuk UMKM, yakni:

  • Aplikasi mobile yang sederhana dan intuitif untuk pemasangan dan pengelolaan jaringan yang mudah
  • Dua mode pengelolaan melalui aplikasi mobile Instant On atau portal web berbasis cloud
  • Tingkat keamanan terbaik di kelasnya, termasuk kesesuaian dengan protokol otentikasi terbaru seperti WPA2/WPA3
  • Teknologi Smart Mesh untuk perluasan jaringan ke area yang sulit dijangkau dengan jaringan kabel
  • Opsi pemasangan di plafon, di dinding, atau di atas meja, disesuaikan dengan lingkungan bisnis perusahaan skala kecil yang beragam.


Lalu bagaimana cara kerja dan setting Aruba Instant On network ini? Berdasarkan informasi yang penulis himpun dari website resminya, setting Aruba Instant On ini dapat dilakukan dalam tiga langkah mudah berikut ini:

  •  Rencanakan dan persiapkan ruangan atau tempat yang akan digunakan. Kemudian aktifkan AP Aruba Instant On.
  • Setelah AP Aruba Instant On aktif, download aplikasi Aruba Instant On di App Store atau di Google Play Store. Kemudian buat akun baru dan lakukan konfigurasi jaringan sesuai kebutuhan.
  • Setelah konfigurasi selesai, pengguna dapat memantau kondisi jaringan secara umum melalui aplikasi Aruba Instant On yang telah terinstal di smartphone.


Hampir semua fungsi kontrol dan konfigurasi Aruba Instant On dapat dilakukan melalui aplikasi yang terinstal di smartphone. Banyak hal yang dapat dilakukan melalui aplikasi Aruba Instant On tersebut, antara lain adalah setup smart mesh dengan sederhana, setup perangkat, kontrol jaringan, bandwidth limit, manajemen multi-network, client visibility dan bloking, serta banyak lagi.

Kontrol Aruba Instant On juga dapat dilakukan melalui portal web yang beralamat di Portal.ArubaInstantOn.com yang memiliki fungsi yang sama dengan aplikas Aruba Instant On, hanya saja tampil dengan layar yang lebih lebar. Saat menggunakan portal web, pengguna cukup melakukan login akun Aruba yang telah dibuat sebelumnya.

Artikel sebelumnya Keunggulan HP Pavilion Aero 13, Laptop dengan Bobot Kurang dari 1 Kilogram
Artikel berikutnya AMD Radeon 6600XT Diperkenalkan, Jagoan Baru untuk Gaming 1080p