Skip to content
Apa Perbedaan Chromebook dan Laptop? Wajib Baca Sebelum Beli

Apa Perbedaan Chromebook dan Laptop? Wajib Baca Sebelum Beli

Akhir-akhir ini popularitas Chromebook di Indonesia terus menanjak dan menjadi bahan perbincangan. Hal ini tak lepas dari program pemerintah menghadirkan laptop produksi lokal melalui kerjasama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dan Google telah menggandeng enam produsen laptop lokal. Keenam produsen lokal tersebut adalah Advan, Axioo, Evercoss, SPC, Zyrex, dan TSM.

Seiring menanjaknya popularitas Chromebook, pertanyaan yang muncul adalah apa perbedaan Chromebook dengan laptop? Secara bentuk fisik, Chromebook dan laptop ini sama karena mengusung form factor clamshell atau flip untuk model hybrid. Chromebook sendiri sebenarnya adalah sebutan untuk laptop yang menggunakan sistem operasi Chrome OS buatan Google.

Berikut ini penjelasan singkat mengenai perbedaan Chromebook dan laptop yang wajib kamu ketahui sebelum membeli salah satunya.

Sistem Operasi

Perbedaan paling mencolok antara Chromebook dengan laptop adalah sistem operasi yang digunakan. Chromebook menggunakan sistem operasi operasi berbasis cloud, yakni Chrome OS buatan Google. Meski menggunakan basis cloud, Chromebook ini masih bisa digunakan meski tidak terhubung dengan internet dengan batasan beberapa fitur. Selain itu, Chrome OS rilis terbaru telah mendapat akses ke Google Play Store yang memungkinkan pengguna menginstal aplikasi Android di Chromebook-nya.

Sedangkan laptop pada umumnya menggunakan sistem operasi Microsoft Windows, MacOS atau Linux. Ketiga sistem operasi ini bisa dikatakan memiliki kemampuan dan fitur yang setara dan tentunya memiliki kelebihan, serta kekurangan masing-masing. Selain itu, ketiga sistem operasi ini tidak berbasis cloud dan dapat digunakan tanpa terhubung dengan internet.

Web Browser

Chromebook menggunakan satu web browser saja yakni Google Chrome. Sedangkan laptop dengan sistem operasi Windows, Linux atau Mac OS menawarkan lebih banyak browser yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, yakni Microsoft Edge, Apple Safari, Google Chrome, Opera, Mozilla Firefox, dan banyak lagi.

Aplikasi

Kekuatan utama Chromebook adalah aplikasi buatan Google atau yang kita kenal sebagai Google Apps yang terdiri dari Docs, Slide Spreadsheet, Calendar, Gmail, YouTube, dan banyak lagi. Selain itu, pengguna Chromebook juga masih dapat menambahkan aplikasi buatan pihak ketiga melalui Chrome Web Store dan aplikasi Android melalui Google Play Store

Sedangkan laptop secara umum mampu menjalankan semua aplikasi dan perangkat lunak untuk hampir sebua kebutuhan. Tak hanya bekerja dengan dokumen atau Office, laptop juga dapat digunakan untuk mengedit video, gaming serius, desain, dan banyak lagi. Bisa dikatakan kemampuan laptop lebih luas dari Chromebook.

Storage

Chromebook mengandalkan media penyimpanan atau storage berbasis cloud seperti Google Drive. Meski demikian, Chromebook tetap dibekali dengan media penyimpanan offline dengan kapasitas yang tidak terlalu besar. Sedangkan laptop dapat mengandalkan media penyimpanan online maupun offline. Bahkan beberapa laptop memungkinkan penggunanya untuk upgrade atau menambah kapasitas penyimpanan internalnya.

Baterai

Hampir semua Chromebook menawarkan daya tahan baterai yang sangat panjang dan efisien. hal ini tak lepas dari spesifikasi perangkat keras yang minimalis dan perangkat lunak yang tidak haus resource. Sedangkan laptop menawarkan daya tahan baterai yang bervariasi, tergantung jenis laptopnya. Jika ingin daya tahan baterai panjang, dapat memilih lini ultrabook.

Artikel sebelumnya Dell PowerEdge T40, Server Andal dengan Harga Terjangkau
Artikel berikutnya Acer Nitro AN515-57, Laptop Gaming Terjangkau Bertenaga Intel Tiger Lake