Skip to content
Alienware AW2521HF, Monitor Gaming dengan Refresh Rate 360Hz

Alienware AW2521HF, Monitor Gaming dengan Refresh Rate 360Hz

Alienware yang merupakan subbrand Dell yang fokus di pasar gaming tak lama lagi akan memperkenalkan sebuah laptop gaming canggih melalui seri Alienware AW2521HF. Keunggulan utama monitor gaming Alienware AW2521HF ini adalah menawarkan refresh rate sangat tinggi di kelasnya, yakni mencapai 360Hz. Jelas, Alienware AW2521HF akan menjadi pesaing tangguh bagi Asus ROG Swift 360 yang lebih dulu hadir.

Refresh rate tinggi pada monitor gaming seperti Alienware AW2521HF ini memang menjadi idaman bagi gamer, terutama saat memainkan game dengan frame rate tinggi. Dukungan refresh rate tinggi secara signifikan mengurangi atau bahkan menghilangkan gejala screen shuttering dan screen tearing yang biasa muncul saat game berjalan dengan frame rate tinggi.

Uniknya, Alienware AW2521HF ini komp[atibel denga dua standar teknologi monitor, yakni AMD FreeSync maupun Nvidia G-Sync. Sehingga pengguna kartu grafis berbasis Navi seperti AMD Radeon RX 5700 XT atau kartu grafis berbasis Turing seperti Nvidia GeForce RTX 2080 Ti dapat memanfaatkan refresh rate tinggi yang ditawarkan oleh Alienware AW2521HF.

Spesifikasi yang ditawarkan oleh monitor gaming Alienware AW2521HF cukup menarik dengan dukungan panel IPS (In-Plane Switching). Penggunaan panel IPS ini memiliki keuntungan tersendiri karena menawarkan saturasi warna yang jauh lebih ciamik dan viewing angle yang lebih luas daripada panel TN (Twisted Newmatic).

Layar Alienware AW2521HF berukuran 24,5 inci dengan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel. Resolusi full HD ini mungkin dirasa kurang bagi pengguna yang kerap bergelut dengan konten multimedia, tetapi resolusi ini sudah cukup bagi gamer guna mencapai frame rate tinggi saat memainkan game eSports.

Secara default, refresh rate monitor Alienware AW2521HF ini sebenarnya adalah 240Hz dengan respons time 1ms. Namun, gamer dapat melakukan overclock terhadap refresh rate-nya hingga 360Hz jiak dibutuhkan. Selain itu, Alienware AW2521HF menawarkan cakupa color gamut yang luas, yakni 99% sRGB.

Jelas, dukungan saturasi warna yang mumpuni dipadukan viewing angle yang luas menjadi keunggulan monitor gaming Alienware AW2521HF. Saat ini rata-rata pesaingnya yang menawarkan refresh rate tinggi menggunakan panel TN yang mana reproduksi warna dan viewing angle-nya tak sebaik panel IPS yang digunakan Alienware AW2521HF.

Seperti yang dilansir dari NotebookCheck (20/05/2020), sampai saat ini masih belum ada informasi mengenai kapan monitor gaming Alienware AW2521HF akan dirilis ke pasar. Harga monitor canggih ini pun belum terungkap.

Previous article Samsung Galaxy Book S, Laptop Pertama yang Ditenagai Intel Lakefield
Next article Nvidia Jetson Xavier NX, Komputer Mini Pesaing Raspberry Pi?