Skip to content
Wajib Tahu! Pengertian Modem, Cara Kerja, dan Jenisnya

Wajib Tahu! Pengertian Modem, Cara Kerja, dan Jenisnya

Apa yang dimaksud modem? Cari tahu pengertian modem, cara kerja hingga jenisnya dengan  menyimak ulasan berikut.

Modem, siapa yang tidak kenal dengan perangkat akses internet yang satu ini?

Modem dulunya sangat populer sebelum tethering melalui smartphone menjadi tren. Selain fungsi dari modem, apa lagi yang kamu ketahui tentang alat ini?

Yuk, perluas wawasanmu dengan mencari tahu pengertian modem, cara kerja dan jenisnya dari menyimak ulasan berikut.

Pengertian Modem

Modulator Demodulator menjadi kepanjangan dari Modem. Kepanjangannya tersebut merupakan dua istilah berbeda yang kemudian digandengkan menjadi satu.

Modulator sendiri yakni rangkaian yang berguna untuk menjalankan proses modulasi. Dimana proses modulasi merupakan proses menumpangkan data di suatu frekuensi dan gelombang pembawa sinyal informasi hingga dapat dikirim ke penerima.

Sedangkan demodulator merupakan rangkaian atau bagian yang dimana mampu memisahkan sinyal informasi dari sinyal pembawa agar bisa tersampaikan dengan baik. Sederhananya, modem adalah perangkat komunikasi yang bersifat dua arah.

Tidak hanya sebagai alat akses internet, perangkat ini juga dapat melakukan  kompres data yang dikirim melalui sinyal. Melalui modem ini, kamu juga dapat memeriksa paket data yang tersisa.

Prinsip Kerja Modem

Cara kerja modem ada beberapa tahapan. Pertama, data dari komputer diubah terlebih dahulu menjadi sinyal analog oleh modem. Sinyal tersebut kemudian dikirim ke perangkat komunikasi seperti telepon dan radio.

Ketika sinyal analog sampai pada komputer tujuan, modem lebih lanjut akan mengubah sinyal analog kembali ke sinyal digital kembali agar bisa diproses oleh komputer.

Jenis Modem Kekinian

Jenis modem dapat dibedakan dari segi pemasangan dan jenis teknologinya. Jika berdasarkan pemasangan, ada dua jenis modem yaitu modem internal yang dipasang permanen pada mainboard dan ada juga modem eksternal yang biasanya dipasang pada port dari komputer.

Jika ditinjau dari segi teknologinya terdapat modem dial-up, modem Digital Subscriber Line (DSL), modem GSM, modem CDMA, dan modem kabel.

Penggunaan modem yang dulunya sempat booming mulai meredup saat smartphone bisa berfungsi juga sebagai modem untuk mengakses internet. Akan tetapi jangan salah, seiring perkembangan teknologi, jenis modem juga makin beragam dengan fitur yang juga semakin canggih.

Modem yang lagi banyak digunakan oleh para pengguna internet adalah modem WiFi yang dikenal juga dengan sebutan MiFi. Kalau WiFi, mesti menggunakan router yang terkoneksi dengan kabel khusus sehingga jangkauan sinyalnya terbatas.

Berbeda halnya dengan MiFi yang merupakan WiFi Portabel wireless/tanpa kabel yang bisa kamu bawa kemanapun kamu pergi. Koneksi internet MiFi didapat dari data internet provider tertentu seperti Telkomsel, XL, Smartfren, dan lain-lain.

Dengan kamu menggunakan Mifi, koneksi internet bisa dibagi dengan seluruh anggota keluarga layaknya WiFi hanya saja MiFi tanpa kabel.

Fungsi MiFi ini sama ketika kamu menggunakan tethering hotspot di Hp android. Hanya saja jika kamu menggunakan Hp tentu akan menguras banyak daya dari baterai Hp dan cepat panas.

Kecepatan koneksi internet MiFi ditentukan oleh pemilihan kartu providernya. Jika jaringan provider yang digunakan pada MiFi memiliki sinyal kuat maka kecepatan koneksi juga akan meningkat.

Sekarang sudah paham, bukan?

Selain informasi di atas menambah wawasan kamu tentang pengertian modem, cara  kerja dan segala hal terkait dengan modem. Informasinya juga bisa menjadi panduan saat kamu ingin membeli modem.

Memanfaatkan teknologi seperti modem dapat semakin memudahkanmu saat ingin mengakses internet. Pastikan  provider yang kamu gunakan menjamin kelancaran akses agar pekerjaanmu tidak terhambat. Semoga infonya bermanfaat, Ya!

Artikel sebelumnya Ini Dia Fungsi Switch yang Mungkin Belum Kamu Ketahui
Artikel berikutnya Ketahui Pengertian Microsoft Office dan Bagian-Bagiannya