Tips memilih laptop gaming dengan budget tipis

Tips memilih laptop gaming dengan budget tipis

Tips memilih laptop gaming

 

Laptop gaming memang terkenal akan harganya yang tinggi. Rata-rata laptop gaming dibanderol di atas Rp 20 juta. Bahkan ada juga yang harganya menyentuh Rp 70 juta. Bagi sebagian orang, harga setinggi itu jelas tidak terjangkau. Tapi apakah tidak ada cara untuk mendapatkan laptop gaming dengan budget tipis? Bagi kamu yang memang memiliki keterbatasan dana, kamu tetap bisa mendapatkan laptop gaming dengan tips berikut ini.

Pahami kebutuhan gaming-mu

Pahami kebutuhan gamingmu

Apakah kamu termasuk mainstream gamer atau hardcore gamer? Jawaban dari pertanyaan ini akan sangat menentukan laptop gaming seperti apa yang paling sesuai untukmu.

Kalau kamu termasuk mainstream gamer, tidak sulit untuk mendapatkan laptop gaming dengan budget tipis. Kamu hanya perlu memahami game-game seperti apa yang paling sering kamu mainkan. Ketahui spesifikasi yang direkomendasikan untuk memainkan game-game tersebut. Berangkat dari sini, kamu bisa mengetahui spesifikasi laptop yang nantinya akan menjadi dasar dalam menentukan pilihan

Kartu Grafis terpisah wajib hukumnya

Kartu Grafis terpisah wajib hukumnya

Tidak peduli setinggi apa prosesor yang digunakan, jika kartu grafis yang digunakan masih on-board alias belum terpisah, performa gaming-nya jelas tidak bisa diharapkan. Karena itu, wajib hukumnya untuk memastikan laptop yang hendak dibeli dilengkapi dengan dedicated graphic card.

Kartu grafis dedicated ini bisa menggunakan chipset ATI Radeon ataupun Nvidia GeForce. Namun untuk urusan gaming, Nvidia GeForce biasanya lebih baik.

 

Prosesor tinggi juga penting

Prosesor tinggi juga penting

Komponen kedua yang memiliki andil besar dalam urusan gaming adalah prosesor. Karena itu prosesor tinggi juga penting. Hanya saja kamu tidak harus terpaku pada seri prosesor tertinggi. Kalau budget-mu tipis, paling tidak pilih prosesor Core i3. Prosesor ini sudah cukup untuk memainkan game-game mainstream.

Meski demikian, saat ini menemukan laptop gaming dengan prosesor Core i3 dan kartu grafis terpisah memang cukup sulit. Jadi setidaknya kamu harus mencari laptop dengan prosesor minimal Core i5.

 

Perhatikan ukuran RAM-nya

Perhatikan ukuran RAM-nya

RAM besar berarti ruang penyimpanan sementara yang besar juga. Tapi apa artinya? RAM berkapasitas besar memungkinkanmu untuk membuka banyak software dalam satu waktu. Jika berbicara soal game, RAM seperti ini memungkinkanmu untuk menjalankan game berukuran besar tanpa banyak lag.

Untuk laptop gaming sendiri, kapasitas RAM yang direkomendasikan adalah 16 GB. Akan tetapi, RAM sebesar 8 GB sebenarnya sudah cukup kalau untuk mainstream gamer. RAM sebesar ini juga bisa diperoleh dengan cara menambahkan RAM tambahan ke dalam laptop.

 

Kapasitas ruang penyimpanan yang besar

Pilih kapasitas storage yang besar

Kapasitas penyimpanan itu penting kalau bicara soal gaming. Untuk instalasi game saja dibutuhkan memori yang besar. Belum lagi untuk menyimpan file-file lain baik itu file multimedia ataupun data-data penting lainnya. Jadi dengan kapasitas memori yang besar, kamu juga bisa menginstal banyak game.

Tapi berapa kapasitas penyimpanan yang ideal untuk laptop gaming? Idealnya, kapasitas yang cocok untuk laptop gaming adalah 1 TB. Tapi harddisk 500 GB sebenarnya juga sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan mainstream gamer.

 

Tidak harus laptop gaming yang penting spesifikasi mencukupi

Tidak harus laptop gaming yang penting spesifikasi mencukupi

Mungkin ada yang beranggapan bahwa kalau ingin bermain game di laptop, sebaiknya pilih seri laptop khusus gaming. Jika bicara soal performa, laptop seperti ini memang memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan laptop biasa. Salah satu keunggulannya ada pada teknologi pendinginnya. Akan tetapi, bukan berarti kamu harus memilih laptop khusus gaming seperti ini.

Selama spesifikasi laptop yang kamu pilih sudah mencukupi atau sesuai dengan rekomendasi game yang akan dimainkan, semua itu sudah cukup. Laptop seperti ini sudah bisa digunakan untuk memainkan game tersebut.

Jika sebagian besar laptop gaming dibanderol di harga Rp 20 jutaan, dengan tips di atas kamu bisa mendapatkan laptop gaming dengan harga yang lebih murah. Bahkan mendapatkan laptop dengan harga Rp 7 jutaan bukan hal yang sulit.

Previous article 5 Laptop gaming terbaik yang bisa kamu pilih
Next article Hanya Dell menyediakan keamanan yang inovatif