Skip to content
Tinggalkan Intel, Pendiri Linux Memilih Ryzen Threadripper 3970X

Tinggalkan Intel, Pendiri Linux Memilih Ryzen Threadripper 3970X

Amd Ryzen

Kabar mengejutkan muncul dari Linus Torvalds yang tak lain adalah pendiri sistem operasi open source Linux. Linus mengungkapkan bahwa dirinya telah melakukan upgrade PC desktopnya dan mengganti prosesor Intel ke AMD Ryzen Threadripper 3970X yang menawarkan performa jauh lebih powerful.

Linus Torvalds mengumumkan perpindahannya ke sistem berbasis prosesor AMD Ryzen Threadripper 3970X bersamaan dengan peluncuran Linux Kernel 5.7 RC7. Linus mengatakan telah 15 tahun mengguakan PC desktop yang ditenagai oleh prosesor Intel. Pengalaman panjang tersebut ternyata tak menghalangi Linus untuk beralih ke AMD. Sayangnya, Linus tak menyebutkan prosesor Intel seri apa yang dia gunakan sebelumnya.

Lalu apa kesan yang dirasakan Linus Torvalds setelah menggunakan PC bertenaga prosesor AMD Ryzen Threadripper 3970X? Linus mengatakan bahwa penggunaan AMD Ryzen Threadripper 3970X merupakan sebuah upgrade yang luar biasa dan sistem berjalan tiga kali lipat lebih cepat dari sebelumnya.

Meski demikian, Linus Torvalds mengakui bahwa saat ini ia belum bisa menggunakan seluruh potensi kinerja prosesor AMD Ryzen Threadripper 3970X yang mengusung 32-core dengan 64 thread. Tak heran, prosesor ini kerap dijuluki sebagai monster multitasking. Linus berharap nantinya seluruh potensi prosesor tersebut dapat dimanfaatkan di masa mendatang.

AMD Ryzen Threadripper 3970X sendiri adalah prosesor kelas atas yang mengusung 32-core dengan 64 thread dengan kecepatan dasar 3,7Ghz dan Turbo hinggga 45GHz, serta menggunakan soket jenis sTRX4. Prosesor ini menggunakan arsitektur Zen 2 yang diproduksi dengan teknologi fabrikasi 7nm FinFET. AMD membekali prosesor ini menawarkan L3 cache 128MB dan hingga 64 jalur PCIe 4.0 yang cepat.

Saat ini AMD dengan lini prosesor Ryzen-nya memang sedang berkembang pesat. Prosesor andalannya menawarkan performa yang lebih kencang, jumlah core yang lebih banyak, dan konsumsi daya yang lebih efisien. Tak heran, pendiri Linux pun akhirnya kepincut dan beralih ke AMD Ryzen Threadripper 3970X. Saat ini harga prosesor yang mengusung 32-core ini dijual dengan harga kisaran Rp 33 juta di pasar Indonesia.

Previous article Windows 10 Update Mei 2020 Bisa Blokir Aplikasi Tak Diinginkan
Next article Mozilla Firefox 84 akan Hapus Dukungan Adobe Flash