Skip to content
Smekar dan NesbuOne, Laptop Rakitan Siswa SMK Tegal

Smekar dan NesbuOne, Laptop Rakitan Siswa SMK Tegal

Siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) di Tegal, Jawa Tengah telah mampu merakit laptop sendiri. Laptop tersebut dirakit oleh siswa dari dua SMK, yakni SMK Negeri 1 Bumijawa dan SMK Negeri 1 Dukuhturi. Laptop rakitan tersebut mengusung merk Smekar untuk SMK Negeri 1 Dukuhturi dan NesbuOne untuk SMK Negeri 1 Bumijawa. Tak kurang dari 50 unit laptop telah dirakit oleh kedua sekolah tersebut dan siap dipasarkan.

Kedua SMK Tegal ini telah bekerjasama dengan dua perusahaan laptop, yakni Axioo dan Acer. Kedua brand laptop ternama tersebut tak hanya memasok komponen yang kemudian dirakit menjadi laptop, tetapi juga memberikan pelatihan terpadu kepada siswa dan guru melalui program pendidikan untuk penyiapan tenaga terampil dengan mensinkronkan kurikulum sekolah dengan industri.

Program ini juga menggelar workshop berkelanjutan untuk guru dan pembelajaran berbasis IT serta validasi sertifikasi bertaraf internasional. Nantinya, siswa lulusan SMK yang mengikuti program ini telah memiliki skill dan kemampuan untuk terjun ke dunia industri, khususnya laptop.

Harga dan Spesifikasi

Sejauh ini terdapat dua tipe laptop yang telah diproduksi oleh SMK Negeri 1 Bumijawa, yakni NesbuOne Nesbu i34120 dan Nesbu N44128. Varian tertinggi adalah NesbuOne Nesbu i34120 yang telah ditenagai oleh prosesor Intel Core i3 gen 10 yang ditandemkan dengan RAM sebesar 4GB. Sedangkan untuk storage, laptop ini sudah dibekali dengan SSD (Solid State Drive) berkapasitas 120GB. NesbuOne Nesbu i34120 ini juga sudah terinstal sistem operasi Microsoft Windows 10 Home x64 asli pre-installed di dalamnya.

Sedangkan varian kedua adalah NesbuOne Nesbu N44128 yang ditenagai oleh prosesor Intel Celeron N series yang ditandemkan dengan RAM sebesar 4GB. Soal media penyimpanan, Nesbu N44128 sudah diperkuat dengan SSD berkapasitas 128GB. Sayangnya, laptop ini tidak dibekali dengan sistem operasi di dalamnya. Kedua varian laptop NesbuOne ini menggunakan layar berukuran 14,1 inci.

Harga kedua varian laptop rakitan siswa SMK ini bisa dikatakan sangat kompetitif jika dibandingkan dengan spesifikasi yang diusungnya. Berdasarkan informasi kepala sekolah SMK Negeri 1 Bumijawa, Teguh, harga laptop Nesbu i34120 kisaran Rp 6 jutaan dan Nesbu N44128 kisaran Rp 3 jutaan. Bagi konsumen yang berminat untuk membeli laptop NesbuOne ini dapat datang langsung ke SMK Negeri 1 Bumijawa dan bisa menyaksikan proses perakitan laptop tersebut.

Apresiasi Bupati Tegal

Laptop rakitan karya siswa SMK ini mendapat apresiasi dari Bupati Tegal, Umi Azizah. Keberhasilan perakitan laptop ini menjadi tonggak peluang industri di lingkungan SMK dan membuka lapangan kerja bagi lulusannya. Umi yakin bahwa penggunaan komponen yang berkualitas, pengendalian mutu, dan ditunjang dengan layanan purna jual yang baik dapat membuat laptop karya anak SMK ini bersaing di pasar.

“Kemampuan anak-anak SMK merakit laptop sendiri sudah satu keunggulan, lebih-lebih ini bisa di branding dan diproduksi dalam jumlah banyak, tentunya kita patut mengpresiasi. Dari harga jualnya sudah cukup bersaing, tinggal strategi promosinya. Karena ini produk rakitan dalam negeri tentunya konsep kecintaan dan bangga membeli produk buatan Indonesia bisa dikedepankan," kata Bupati Tegal Umi Azizah.

Previous article Acer Indonesia Siapkan Empat Produk Chromebook untuk Program Laptop Merah Putih
Next article Nadiem Makarim Siap Beli 240 Ribu Laptop Lokal Senilai 2,4 Triliun