Skip to content
Rekomendasi 5 Laptop Murah untuk Sekolah Daring

Rekomendasi 5 Laptop Murah untuk Sekolah Daring

Pandemi yang hingga kini belum berakhir membuat kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring dengan memanfaatkan koneksi internet. Istilah populernya disebut dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Proses pembelajaran jarak jauh ini tak hanya membutuhkan koneksi internet yang stabil, tetapi juga perangkat yang kompeten guna mendukung kenyamanan proses belajar.

Pelajar dapat menggunakan perangfkat tablet, smartphone atau laptop untuk proses belajar daring. Namun, penulis menilai Laptop adalah perangkat yang paling nyaman untuk belajar karena dilengkapi dengan layar berukuran besar, keyboard yang nyaman, performa lebih kencang, dan aplikasi yang lebih lengkap.

Kegiatan belajar daring sendiri sebenarnya tak membutuhkan laptop yang berkinerja kencang. Sebuah laptop yang dapat menjalankan aplikasi Office dan browser dengan nyaman dan fitur lengkap untuk online meeting sudah memadai. Berikut ini 5 rekomendasi laptop yang cocok untuk sekolah daring.

Asus BR1100

Asus BR1100 adalah laptop yang sejak awal dirancang dan dikembangkan untuk pelajar. Kelebihan utama laptop ini adalah konsep hybrid dengan engsel yang dapat diputar 180 derajat yang membuatnya dapat digunakan dalam empat mode penggunaan yakni laptop, tent, stand, dan tablet. Layarnya juga memiliki kemampuan touchscreen agar leluasa dalam proses pembelajaran.

Laptop Asus BR1100 ini cocok digunakan oleh anak-anak karena didukung bodi rugged yang tangguh dengan standar militer MIL-STD-810H. Ketangguhan bodi laptop Asus BR1100 menjamin ketahanannya saat digunakan oleh anak-anak yang rata-rata masih belum bisa memperlakukan laptop dengan baik.

Chromebook

Platform Chromebook saat ini sedang naik daun dan menjadi bahan perbincangan setelah Kemendikbud Ristek memilihnya untuk pengadaan di beberapa sekolah. Chromebook sendiri tak jauh berbeda dengan laptop kebanyakan dengan layar 11 inci. Perbedaan yang paling mendasar adalah menggunakan sistem operasi Chrome OS besutan Google. Hampir semua brand besar seperti Asus, Acer, Axioo, Zyrex, dan sebagainya memiliki lini Chromebook dengan spesifikasi yang hampir sama.

Kelebihan Chromebook ini adalah dukungan sistem operasi Chrome OS berbasis cloud yang didukung Google Apps yang dapat digunakan secara gratis. Tak hanya itu, platform Chromebook ini dirancang untuk pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan Google Classroom yang sangat memudahkan staf IT atau guru untuk memantau proses pembelajaran.

Acer Aspire 3 Slim

Jika Anda membutuhkan laptop dengan layar yang lebih besar dan performa yang lebih kencang untuk menunjang proses belajar daring dapat memilih seri Acer Aspire 3 Slim. Laptop ini dibekali layar dengan ukuran 14 inci yang dapat memberikan tampilan visual yang lebih lega dan nyaman dibandingkan dengan layar 11 inci.

Performa yang ditawarkan oleh Acer Aspire 3 Slim juga lebih kencang berkat dukungan prosesor Intel Celeron N5100 generasi Jasper Lake yang mengusung quad-core (4 thread) berarsitektur Tremont yang berlari dengan kecepatan standar 1,1GHz dengan fitur TurboBoost hingga 2,8GHz. Tak hanya itu, Aspire 3 Slim A314-35 C8Z3 ini juga didukung oleh memori RAM berkapasitas 4GB jenis DDR4,

Jelas, notebook Aspire 3 Slim sudah mencukupi kebutuhan komputasi sehari-hari dan pembelajaran jarak jauh, seperti browsing, Office, zoom meeting, multimedia ringan atau aplikasi pembelajaran lainnya.

Asus A509MA

Layar 14 inci masih kurang memuaskan atau kurang nyaman untuk kegiatran belajar? Anda dapat memilih laptop Asus A509MA yang telah dibekali dengan layar berukuran 15,6 inci. Ukuran layar yang lebih besar dan tersedia varian dengan resolusi full HD membuat pengalaman visual dan belajar terasa lebih imersif, serta nyaman di mata. Layar laptop ini juga sudah didukung fitur EyeCare untuk melindungi mata dari radiasi sinar biru yang membuat cepat lelah.

HP 14s dk1507AU

Membutuhkan laptop yang memiliki kemampuan lebih dan harga yang masih terjangkau? Mungkin dapat mempertimbangkan HP 14s dk1507AU besutan Hewlett Packard. Laptop ini mengusung layar 14 inci dan telah didukung fitur lengkap untuk kegiatan belajar daring.

Performa menjadi keunggulan utama HP 14s dk1507AU dibandingkan kandidat lain berkat dukungan prosesor AMD Athlon Gold 3150U generasi Dali dual-core Zen yang berlari dengan kecepatan 2,4GHz dengan Turbo maksimal 3,3GHz. Laptop ini diperkuat oleh memori RAM sebesar 4GB DDR4-2400MHz yang dapat di-upgrade hingga maksimal 16GB DDR4 atau sesuai kebutuhan pengguna.

Tak heran, laptop ini sangat kencang untuk menangani kegiatan belajar daring. Para orang tua pun dapat memanfaatkan laptop HP 14s dk1507AU untuk work from home karena kinerjanya yang powerful.
Artikel sebelumnya Asus Chromebook Flip C214 Diluncurkan di Indonesia, Cocok untuk Belajar Daring
Artikel berikutnya Acer Swift 3 Infinity 4 Hadir dengan Warna Ocean Blue di Indonesia, Apa Kelebihannya?