Skip to content
Prosesor Workstation AMD Ryzen Threadripper Pro 64-Core Pertama di Dunia Resmi Diumumkan

Prosesor Workstation AMD Ryzen Threadripper Pro 64-Core Pertama di Dunia Resmi Diumumkan

Advanced Micro Device atau yang lebih dikenal dengan sebutan AMD telah mengumumkan prosesor workstation baru melalui seri Ryzen Threadripper Pro. Prosesor anyar ini tampaknya akan menjadi rival serius bagi Intel Xeon W series yang lebih dulu hadir. AMD Ryzen Threadripper Pro ini diklaim sebagai prosesor workstation 64 core pertama di dunia.

"Prosesor AMD Ryzen Threadripper PRO dibangun dengan tujuan untuk menetapkan standar baru industri performa komputasi workstation profesional. Performa ekstrem, jumlah core yang tinggi, dan bandwidth prosesor AMD Ryzen Threadripper kini tersedia dengan fitur teknologi AMD PRO termasuk pengelolaan yang mulus dan proteksi data bawaan yang unik.”

“Bahkan lingkungan profesional yang banyak tuntutan ditangani dengan jajaran AMD Ryzen Threadripper PRO baru, mulai dari seniman dan kreator yang mengembangkan efek visual memukau, hingga arsitek dan insinyur yang bekerja dengan dataset besar dan visualisasi yang kompleks, semuanya dihidupkan pada platform workstation profesional paling canggih di dunia,” kata Saeid Moshkelani, senior vice president and general manager, AMD Client business unit.

AMD Ryzen Threadripper Pro menawarkan sejumlah keunggulan dibanding rivalnya, yakni dukungan 128 lane PCIe gen 4 yang menawarkan bandwidth hingga 2,5x jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Prosesor ini juga mendukung penggunaan RAM hingga maksimal 2TB dan diperkuat 8 channel ECC RDIMM, LRDIMM dan UDIMM DDR4-3200.

Fitur keamanan juga tak luput dari perhatian AMD dengan membekali prosesor barunya fitur AMD PRO security. Fitur ini merupakan keamanan bawaan yang berlapis untuk membantu melindungi data sensitif. Juga terdapat fitur AMD PRO manageability untuk memudahkan deployment dan pengelolaan infrastruktur poengguna.

Ada empat varian prosesor anyar AMD ini, yang tertinggi adalah Ryzen Threadripper Pro 3995WX yang mengusung 64 core 128 thread 2,7GHz Turbo 4,2GHz. Kemudian Ryzen Threadripper Pro 3975WX yang mengusung 32 core 64 thread 3,5GHz Turbo 4,2GHz.

Varian berikutnya adalah Ryzen Threadripper Pro 3955WX yang mengusung 16 core 32 thread 3,9GHz Turbo 4,3GHz dan varian terendah adalah Ryzen Threadripper Pro 3945WX yang mengusung 12 core 24 thread 4GHz Turbo 4,3GHz.

Lenovo melalui seri ThinkStation P620 menjadi workstation pertama yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen Threadripper Pro. Sayangnya, belum ada informasi mengenai ketersediaannya di Indonesia.

Artikel sebelumnya Dell Luncurkan XPS Desktop Terbaru Bertenaga Intel Core Generasi Ke-10
Artikel berikutnya Apa itu Software? Ketahui Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya