Skip to content
Perangkat Keras Komputer paling Esensial yang Mesti Ada

Perangkat Keras Komputer paling Esensial yang Mesti Ada

Sudah tahu apa saja perangkat keras komputer paling penting? Cari tahu jawabannya pada ulasan berikut.

Mendengar kata komputer, pasti kamu langsung terbayang dengan layar komputer, CPU, serta keyboard. Tahukah kamu, bahwa komponen tersebut tergolong perangkat keras komputer (hardware)?

Tidak hanya ada tiga saja, masih ada banyak lagi yang tergolong sebagai  hardware.

Pengen tahu lebih jauh tentang hardware komputer? Berikut informasinya buat kamu.

Perangkat keras komputer atau hardware komputer merupakan komponen fisik dari komputer yang digunakan untuk menjalankan sistem operasi komputer. Beberapa hardware komputer yang keberadaannya dinilai sangat penting diantaranya:

Central Processing Unit (CPU)

Tidak ada yang akan menyangkal bahwa CPU adalah salah satu bagian terpenting dari komputer.  CPU atau yang biasa dikenal sebagai processor komputer adalah unit kecil yang menjadi pusat pemrosesan dan pengolahan semua perintah. Serta kalkulasi aritmatika dan logika dari data yang masuk ke komputer.

Tidak heran jika CPU sering diistilahkan sebagai otak dari komputer. Di Indonesia, ada 2 brand processor yang banyak digunakan pada produk PC maupun laptop yang tidak lain adalah processor Intel dan processor AMD.

Monitor

Seperangkat komputer tidak akan bisa dioperasikan tanpa adanya monitor atau layar. Monitor merupakan perangkat keras yang menampilkan hasil output dari pemrosesan data atau perintah. Lalu kemudian, dimasukkan pada komputer berupa informasi yang dapat dimengerti oleh pengguna.

Kualitas monitor salah satunya ditentukan oleh tingkat resolusi gambar yang dihasilkan. Semakin tinggi resolusi suatu monitor maka semakin jelas dan tajam tampilan visual yang diberikan.

Motherboard

 Motherboard yang juga dikenal sebagai mainboard adalah papan sirkuit tempat diletakkannya berbagai komponen elektronik yang dapat saling terintegrasi satu dengan yang lainnya.

Motherboard umumnya memiliki chip bios, slot, jalur konektor dan port. Dimana semuanya memiliki fungsi masing-masing untuk menjalankan sistem operasi pada komputer.

Keyboard

Hardware keyboard merupakan hardware yang dipasang pada komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data huruf, angka, simbol, dan lain sebagainya. Alat yang lazim juga disebut sebagai papan ketik ini menjadi media untuk memasukkan perintah atau tugas yang dapat diproses oleh komputer.

Saat ini peruntukan keyboard tidak hanya sebagai alat bantu mengetik tapi juga sebagai alat untuk digunakan bermain game. Sudah banyak dijumpai keyboard yang dirancang khusus untuk para gamer.

Mouse

Mouse menjadi perangkat keras yang berguna untuk menunjukkan posisi kursor atau pointer yang ada pada monitor komputer.

Mouse eksternal saat ini sudah tidak perlu menggunakan kabel lagi saat ingin disambungkan pada komputer. Karena sudah hadir mouse berteknologi nirkabel yang lebih mudah serta praktis untuk dibawa-bawa.

Hardisk

Data yang kamu masukkan ke dalam komputer tentunya perlu untuk disimpan agar bisa dibuka dan dilihat kembali saat dibutuhkan. Proses menyimpan data menjadi fungsi dari suatu hardisk. Hardisk sendiri tersedia dalam dua jenis yaitu internal dan eksternal.

Hardisk internal merupakan tempat penyimpanan data yang terpasang permanen pada komputer. Sedangkan hardisk eksternal sebaliknya tidak permanen, hardisk ini menjadi solusi bagi kamu yang memiliki hardisk internal yang sudah full.

Power Supply

Komputer yang merupakan alat elektronik tentu perlu daya listrik agar bisa dijalankan. Sumber daya listrik pada komputer dihasilkan oleh power supply. Alat ini menjadi penghubung dalam mengalirkan listrik dari sumber utama ke perangkat komputer.

Sebenarnya masih banyak jenis perangkat keras komputer yang belum sempat dibahas. Hardware yang sempat dibahas merupakan hardware paling penting untuk bisa mengoperasikan perangkat komputer. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat dan menambah wawasan kamu, ya!

Artikel sebelumnya Apa itu Software? Ketahui Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya
Artikel berikutnya Ini Dia Fungsi Switch yang Mungkin Belum Kamu Ketahui