Skip to content
Mozilla Firefox 84 akan Hapus Dukungan Adobe Flash

Mozilla Firefox 84 akan Hapus Dukungan Adobe Flash

Mozilla belum lama ini telah mengumumkan penghentian dukungan sepenuhnya pada konten Flash mulai rilis browser Firefox 84. Browser berlogo rubah api ini dipastikan menghilangkan dukungan Flash mulai tahun ini agar pengguna lebih terlindungi. Selama ini Flash memang dikenal memiliki banyak celah keamanan yang dapat dimenfaatkan oleh penyerang.

Apa yang dilakukan oleh Mozilla di browser Firefox 84 ini sebenarnya sejalan dengan Adobe, perusahaan yang membuat format Flash. Adobe diproyeksikan untuk menghentikan dukungan untuk Flash sekali dan untuk selamanya akhir tahun ini, dan pembuat browser telah bekerja untuk mempersiapkan momen bersejarah ini selama beberapa tahun.

Adobe memutuskan untuk 'mematikan' Flash di era internet ini karena banyaknya celah keamanan yang membahayakan pengguna. Selain itu, saat ini teknologi HTML5 yang memiliki kemampuan tinggi dan faktor keamanan yang lebih baik membuat Adobe flash tersingkir. Adobe telah menghentikan dukungan terhadap Flash sejak 2017 dan semua browser akan menghapus dukungan Flash sepenuhnya pada 31 Desember 2020 mendatang.

Rencana Adobe ini senada dengan Mozilla yang berencana meluncurkan browser Firefox 84 pada Desember 2020 menatang. Mulai Firefox 84, semu konten Flash tidak dapat dijalankan lagi. Mozilla memang menarik dukungan Flash ini secara bertahap.

Saat ini browser Mozilla Firefox masih mendukung Flash dengan pulgin yang dinonktifkan secara default, tapi pengguna dapat mengaktifkan plugin secara manual jika perlu. Namun hal ini tidak direkomendasikan, mengingat sebagian besar situs sudah bermigrasi ke HTML5. Langkah awal Mozilla adalah menarik dukungan pulgin Flash dari channel Nightly pada Oktober 2020 mendatang.

Mozilla memang selalu membuat perubahan besar pada browser Firefox melalui channel Nightly dan Beta build untuk memastikan browser berjalan lancar dan bebas bug. Setelah itu, Mozilla baru merilisnya nke channel stabil yang dapat diakses oleh semua pengguna.

Seperti yang dilansir dari Softpedia (18/05/2020), Mozilla Firefox bukan satu-satunya browser yang menghentikan dukungan terhadap Flash. Chromium juga telah melakukan hal yang sama dan nantinya Flash akan hilang selamanya dari semua browser.

Previous article Tinggalkan Intel, Pendiri Linux Memilih Ryzen Threadripper 3970X
Next article Microsoft Stop Jual Windows 10 32-bit, Ini Alasannya