Skip to content
LG UltraFine OLED Pro, Monitor 32 Inci OLED Pertama di Dunia dengan Resolusi 4K UHD

LG UltraFine OLED Pro, Monitor 32 Inci OLED Pertama di Dunia dengan Resolusi 4K UHD

Di ajang CES 2021, LG secara resmi telah memperkenalkan monitor 32 inci dengan teknologi OLED (Organic Light Emiting Diode) pertama di dunia yang telah mengusung resolusi 4K Ultra High Definition (UHD) melalui seri UltraFine OLED Pro. Selama ini layar monitor didominasi teknologi panel VA, IPS, dan juga TN panel. Kehadiran panel OLED akan menambah pilihan bagi konsumen biasa maupun kalangan profesional.

Teknologi OLED yang digunakan oleh monitor LG UltraFine OLED Pro memang menawarkan sejumlah kelebihan jika dibandingkan panel lainnya karena mampu menawarkan saturasi warna yang luas dan akura, serta mampu menampilkan warna hitam yang pekat tanpa ada efek glow seperti pada layar dengan panel IPS.

Varian tertinggi dari monitor OLED besutan LG ini adalah LG UltraFine OLED Pro 32EP950 yang mengusung panel berukuran 31,2 inci dan menggunakan resolusi 4K UHD 3820 x 2160 piksel, sehingga mampu menampilkan gambar yang jelas dan detail dengan rasio kontras mencapai 1:1.000.000. Warna yang dihasilkan oleh monitor LG UltraFine OLED Pro 32EP950 ini juga cukup akurat karena menawarkan 99% Adobe RGB dan 100% DCI-P3 color gamut. Monitor ini juga menawarkan viewing angle yang luas, yakni mencapai 178 derajat untuk vertikal maupun horizontal.

Cakupan color gamut yang luas dan akurat membuat monitor LG UltraFine OLED Pro 32EP950 ini cocok untuk kalangan profesional yang membutuhkan akurasi warna yang tinggi dan konsisten, seperti desainer grafis, editor foto, dan juga video. Monitor LG UltraFine OLED Pro 32EP950 juga telah mendukung teknologi DisplayHDR 400 True Black yang mampu menghadirkan pengalaman menikmati konten multimedia yang lebih imersif.

Tak hanya mengandalkan kualitas warna yang akurat, monitor LG UltraFine OLED Pro 32EP950 ini juga didukung performa yang tinggi dengan response time hanya 1ms saja (gray to gray) sehingga minim efek ghosting saat menampilkan animasi dengan frame rate cepat. Monitor andalan vendor asal Korea Selatan ini juga menawarkan kecerahan yang bisa diandalkan dengan brightness mencapai 540 nits (peak) dan 250 nits (typical).

Kelebihan lain yang dimiliki oleh monitor OLED LG UltraFine OLED Pro 32EP950 ini adalah didukung fitur konektivitas yang lengkap dan memudahkan pengguna untuk menghubungkan monitor ke banyak perangkat. Monitor ini dilengkapi dengan port HDMI, dua buah DisplayPort 1.4, port USB 3.0 (1 upstream dan 3 downstream), dan port USB Type-C.

Penampilan fisik monitor OLED LG LG UltraFine OLED Pro 32EP950 ini sekilas tak jauh berbeda dengan monitor yang beredar di pasaran dengan frame yang cukup tipis. Selain itu, monitor ini juga dilengkapi dengan engsel yang mendukung kemiringan - 5 derajat hingga 20 derajat, serta pivot hingga 90 derajat.

Selain LG UltraFine OLED Pro 32EP950, juga tersedia varian yang lebih murah dengan ukuran yang lebih kecil, yakni LG UltraFine OLED Pro 27EP950 yang mengusung layar berukuran 27 inci. Spesifikasi dan fitur yang diusung oleh LG UltraFine OLED Pro 27EP950 ini secara umum sama dengan varian 32 inci dan perbedaannya hanya ukurannya saja.

Monitor LG UltraFine OLED Pro 32EP950 dan 27EP950 rencananya akan dipasarkan secara global mulai bulan ini dengan harga 3.999 euro atau sekitar Rp 67 jutaan untuk varian 32 inci. Sedangkan harga monitor varian 27 inci belum diumumkan oleh LG.
Previous article Acer Swift 3 Infinity 4 Hadir dengan Warna Ocean Blue di Indonesia, Apa Kelebihannya?
Next article Kontroversi Spesifikasi Laptop Merah Putih, Ini Penjelasan Kemndikbud Ristek