Skip to content
Ketahui Pengertian Microsoft Office dan Bagian-Bagiannya

Ketahui Pengertian Microsoft Office dan Bagian-Bagiannya

Tambah wawasan kamu dengan mengetahui pengertian Microsoft Office hingga bagian-bagian penting dalam software ini pada ulasan berikut.

Pengertian Microsoft Office

Microsoft Office yang ada di laptop kamu adalah software atau perangkat lunak yang terdiri dari beberapa aplikasi perkantoran yang dikembangkan oleh Microsoft. Microsoft Office dirilis pertama kali pada tahun 1989 yang terus mengalami perkembangan hingga saat ini.
Di dalam software ini terdapat beberapa aplikasi seperti Microsoft Word, Microsoft OneNote, Microsoft Outlook, dan lain sebagainya.
Saat ini, versi terbarunya yaitu Microsoft 365 dan Office 2019 sudah beredar di pasaran. Pada tiap versi yang dikeluarkan oleh Microsoft Office, terdapat pembaharuan fitur-fitur di tiap versinya.
Sebagai contoh, Microsoft Word pada versi Office 2019 menghadirkan mode fokus, terjemahan baru hingga peningkatan aksesibilitas. Sedangkan Microsoft PowerPoint di versi yang sama, sudah diperbaharui dengan Transisi Morf, Eskop video 4K, in-click sequence, dan dukungan model DVG dan 3D.
Kenali Aplikasi Microsoft Office paling Banyak Digunakan
Dalam satu paket software Microsoft Office terdiri dari 10 aplikasi yang mendukung pekerjaan bisnis dan kantoran: 

Microsoft Word

Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi Ms. Office yang paling sering digunakan. Tidak mengherankan karena aplikasi ini mampu mengolah kata menjadi berbagai jenis output dalam bentuk dokumen.

Tidak hanya orang kantoran yang memanfaatkan Microsoft Word, tapi juga dimanfaatkan oleh mahasiswa. Dimana peruntukannya membantu mengerjakan tugas akhir studi. Siswa sekolah juga sering menggunakan Ms. Word untuk menyelesaikan pekerjaan rumah (PR) mereka.

Bagusnya karena tidak hanya kata-kata yang bisa termuat dalam dokumen. Pengguna juga leluasa saat ingin menyisipkan gambar, tabel, simbol, hingga chart yang berguna saat presentasi.

 

Microsoft Excel

Kalau Ms. word mampu mengolah kata, beda halnya dengan Microsoft Excel yang mampu mengolah angka. Ms. Excel digunakan untuk mengolah data melalui perhitungan dengan memasukkan formula atau rumus tertentu.
Bagusnya, perhitungan dan analisis dasar dari suatu data sudah. Seperti menghitung penjumlahan, rata-rata, akar, dan lainnya sudah memiliki rumus baku yang tersimpan pada software ini. Jadi kamu tidak perlu repot mengetik rumus lagi.
Data-data yang dimasukkan dapat pula dibuat dalam bentuk grafik yang bisa disetting sesuai kebutuhan pengguna. Kemampuan aplikasi ini dalam menyimpan data berkapasitas besar membuatnya banyak digunakan oleh para akuntan hingga pegawai keuangan dalam membuat laporan.

 

Microsoft Powerpoint

Satu lagi, aplikasi dari Ms. Office yang paling sering digunakan adalah Microsoft PowerPoint. Aplikasi ini digunakan untuk membuat presentasi dengan memanfaatkan slide serta tool dan fitur pendukung lainnya.
Kelebihannya yaitu presentasi yang dibuat bisa disetting agar lebih menarik dengan penggunaan efek animasi dan efek audio. Para pengguna Ms.PowerPoint tidak perlu lagi repot membuat materi presentasi pada kertas transparan yang kemudian ditampilkan dengan alat OHP.
Selain mudah dan praktis, penggunaan Ms.PowerPoint juga sangat fleksibel yang menjamin penggunanya puas dengan output presentasi yang dihasilkan.
Itulah ulasan mengenai pengertian Microsoft Office dan hal-hal penting yang perlu kamu ketahui lainnya. Untuk mendapatkan pengalaman dan manfaat maksimal dari Microsoft Office, jangan lupa untuk selalu melakukan pembaruan atau update software paling bermanfaat ini.

 

Artikel sebelumnya Wajib Tahu! Pengertian Modem, Cara Kerja, dan Jenisnya
Artikel berikutnya Intel Resmi Meluncurkan Processor Generasi Ke-11