Skip to content
Jauhkan Pengguna dari Google Chrome, Microsoft Tampilkan Iklan Edge di Hasil Pencarian

Jauhkan Pengguna dari Google Chrome, Microsoft Tampilkan Iklan Edge di Hasil Pencarian

microsoft Edge

Microsoft tampaknya telah menempuh berbagai cara untuk meningkatkan popularitas browser Edge sambil menjauhkan pengguna dari pesaingnya, Google Chrome. Raksasa mesin perangkat lunak yang berbasis di Redmond ini menampilkan iklan Microsoft Edge pada hasil pencarian di Windows saat pengguna mencari dengan kata kunci Chrome.

Sebenarnya tak hanya Chrome, ketika pengguna mengetikkan kata kunci lain yang berhubungan seperti Firefox, Browser atau Opera, maka pada baris kedua hasil pencarian Windows akan menampilkan iklan Microsoft Edge sebagai aplikasi yang direkomendasikan.

Menurut informasi dari Softpedia (01/06/2020), ternyata tak semua Windows 10 menampilkan iklan browser Edge pada Start Menu dan hasil pencarian. Beberapa pengguna yang sudah memakai Windows 10 update Mei atau yang menggunakan nomor versi 2004, diketahui tidak menampilkan iklan tersebut. Sedangkan Windows 10 yang masih versi 1909 menampilkan iklan Edge.

Tak hanya itu, Microsoft sebelumnya juga menggunakan taktik serupa pada menu pengaturan. Saat pengguna berusahan mengganti browser default dari Microsoft Edge ke browser Chrome atau Firefox, maka Microsoft Edge akan tampil di urutan pertama dan menyandang label "direkomendasikan untuk Windows 10". Meski demikian, langkah Microsoft ini tidak menghalangi pengguna untuk mengatur browser yang mereka sukai untuk menjadi browser default di laptop atau PC Windows mereka.

Terlepas dari cara Microsoft mempromosikan browser andalannya, sebenarnya Microsoft Edge bukanlah browser yang buruk. Microsoft Edge ini telah mengalami perubahan yang cukup radikal setelah migrasi menggunakan basis mesin Chromium, sama seperti yang digunakan oleh kompetitor terberatnya, Google Chrome. Performa dan kompatibilitasnya tak jauh berbeda dengan browser lain yang menggunakan basis mesin yang sama.

Performa browser Microsoft Edge yang menggunakan basis Chromium ini cukup baik dengan dukungan ekstension yang banyak. Selain itu, Microsoft Edge hadir secara lintas platform seperti Windows 10, Windows 8.1, dan juga Windows 7. Bahkan, Microsoft Edge kabarnya juga dikembangkan untuk Linux. Namun, belum diketahui kapan rilis Microsoft Edge untuk sistem operasi open source tersebut.

Previous article Apple akan Beralih ke CPU ARM?
Next article Fast & Furious Crossroads Diluncurkan 7 Agustus 2020, Ini Bocoran Gameplay-nya