Skip to content
Ini Dia Fungsi Switch yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Ini Dia Fungsi Switch yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Sudah tahukah kamu tentang fungsi switch? Ulasan berikut membantu menjawab pertanyaan kamu, simak yuk!

Pertukaran data lewat jaringan dari perangkat satu ke perangkat lainnya mungkin terjadi jika menggunakan alat bernama switch. Selayaknya jembatan, switch bisa menjadi salah satu jalur lalu lintas data.

Apa saja fungsi switch?

Ketahui selengkapnya dengan menyimak ulasan berikut.

Penghubung Antar Perangkat

Seperti yang sempat disinggung di awal, kegunaan Switch adalah sebagai penghubung antar perangkat. Jadi saat komputer yang berperan sebagai host atau server mengeluarkan data atau sinyal.

Alat switch kemudian akan menerima sinyal tersebut  untuk selanjutnya ditransmisikan ke komputer penerima yang telah terhubung lewat jaringan. Sehingga komputer penerima bisa mengakses data maupun informasi yang dimiliki oleh komputer server.

Sinyal yang diterima oleh switch juga akan diperkuat saat melakukan proses transmisi dengan menggunakan energi listrik. Hal ini dapat membuat informasi ataupun data dengan cepat bisa diakses.

Mengatasi Looping

Looping yang merupakan kondisi dimana data hanya berputar-putar pada port-port yang terhubung yang akhirnya data tidak bisa terkirim. Dengan menggunakan switch, pengguna hanya perlu melakukan blok atau menutup salah satu port yang terhubung sehingga data bisa sampai ke port yang lainnya.

Switch mampu mendeteksi frame yang error dan kemudian melakukan pemblokiran.

Sebagai Repeater dan Splitter

Saat kamu ingin menambah jarak dari jaringan, switch pada komputer bisa menjadi alat repeater terbaik. Jadi kamu tidak perlu kabel panjang untuk bisa menambah jarak dari sumber network.

Kelebihannya, walaupun dilakukan penambahan jarak, jaringan masih tetap kuat sehingga akses lebih cepat. Selain itu switch juga dapat berfungsi sebagai splitter atau pemisah jaringan.

Dalam contoh kasus dimana ruangan terbagi menjadi 3 lantai, pemisahan jaringan memungkin dilakukan dengan menggunakan switch. Alhasil, setiap lantai memiliki jaringan tersendiri dengan hanya dari satu jaringan saja.

Membatasi Jumlah Transmisi

Tidak hanya mampu menerima dan mentransmisikan data. Switch juga mampu membatasi jumlah transmisi ke komputer penerima. Jadi kamu memiliki keleluasaan untuk mengatur komputer atau perangkat elektronik mana saja yang boleh menerima data.

Jadi misalkan kamu menggunakan switch di rumah bersama seluruh keluarga termasuk anak-anak. Switch bisa membantumu untuk membatasi server yang membawa informasi atau konten yang tidak cocok untuk usia anak-anak.

Menjadi Central Connection Point

Switch berfungsi juga sebagai central connection point. Central controlled  switch, dimana sinyal data dari server akan dipusatkan pada switch yang kemudian ditransmisikan ke setiap perangkat penerima.

Saat switch yang menjadi sentral dari sinyal data mengalami gangguan atau kerusakan. Tentunya kondisi ini akan berpengaruh pada seluruh jaringan komputer. Akibatnya koneksi akan lambat atau terputus.

Fungsi komplit dari switch hanya terdapat pada beberapa tipe switch yang beredar di pasaran. Tipe switch sesuai fungsinya ada tiga macam yaitu:

  1. Unmanaged switch, tipe ini tidak dapat disetting atau diatur sesuai kebutuhan pengguna sehingga harganya lebih murah.
  2. Managed switch, tipe ini memiliki fitur setting atau pengaturan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.Tingkat keamanannya juga lebih tinggi dibanding tipe unmanaged switch.
  3. Smart switch yang memiliki fitur lebih mumpuni dibanding managed switch sehingga tidak begitu susah saat digunakan.

Smart switch yang berteknologi tinggi memiliki harga yang lebih mahal dibanding dua tipe switch sebelumnya.

Banyaknya kegunaan dari alat elektronik seperti switch sayang sekali jika tidak dimanfaatkan. Informasi mengenai fungsi switch di atas semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kamu, Ya!

Artikel sebelumnya Perangkat Keras Komputer paling Esensial yang Mesti Ada
Artikel berikutnya Wajib Tahu! Pengertian Modem, Cara Kerja, dan Jenisnya