Skip to content
Dell Luncurkan XPS Desktop Terbaru Bertenaga Intel Core Generasi Ke-10

Dell Luncurkan XPS Desktop Terbaru Bertenaga Intel Core Generasi Ke-10

Dell belum lama ini telah meluncurkan sebuah PC desktop powerful dari lini XPS generasi baru yang ditenagai oleh prosesor Intel Core generasi ke-10 yang menggunakan nama sandi Comet Lake. Selama ini lini XPS memang membidik pengguna yang membutuhkan performa yang powerful.

Hal yang menarik dari Dell XPS Desktop generasi baru ini adalah desain casingnya. Dell tampaknya telah melakukan perombakan yang cukup signifikan, sehingga casing tampak lebih menarik dan dimensinya jauh lebih ringkas jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Soal performa, Dell XPS Desktop generasi baru cukup powerful menangani game terbaru dan komputasi berat masa kini karena ditenagai oleh Intel Core i9-10900K generasi Comet Lake yang mengusung deca-core 3,7Ghz dengan Turbo 5,3Ghz.

Sedangkan varian yang lebih murah ditenagai oleh Intel Core i7-10700K yang mengusung deca-core 3,8Ghz dengan Turbo 5,1Ghz. Kinerja prosesor ini tak perlu diragukan lagi karena merupakan salah satu prosesor kelas atas yang kencang saat ini.

Secara default, Dell XPS Desktop ini dibekali dengan RAM 16GB DDR4-2666Mhz yang terdiri dari 2x 8GB dengan konfigurasi dual-channel untuk menjamin bandwidth yang dihasilkan melimpah guna memangkas bottleneck sikstem. Selain itu, kapasitas RAM masih bisa di-upgrade jika diperlukan karena dilengkapi dengan empat buah slot DIMM.

Sektor grafis menjadi hal yang cukup penting dalam sebuah mesin multimedia yang membidik pengguna kreator konten seperti Dell XPS Desktop. PC desktop powerful ini mengandalkan dukungan grafis dari Nvidia GeForce RTX 2070 Super berbasis chip TU116 yang menggunakan arsitektur Turing. 

Nvidia GeForce RTX 2070 Super yang berbasis chip TU106 yang menggunakan arsitektur Turing. Grafis GeForce RTX 2070 Super ini mengandalkan 2560 CUDA core berkecepatan 1605MHz dan turbo 1770MHz yang dipadukan dengan 160 TMUs, dan 64 ROPs.

Kartu grafis GeForce RTX 2070 Super yang diusung oleh Dell XPS Desktop ini dikawinkan dengan memori VRAM 8GB GDDR6 berkecepatan 11Gbps dengan antarmuka memori 256-bit. Selain itu, juga tersedia varian dengan grafis dari AMD Radeon RX 5700XT.

Konektivitas komputer desktop Dell XPS Desktop ini cukup lengkap dengan hadirnya dukungan Dell Wireless 802.11ac, Bluetooth 4.1, Gb LAN, port USB 3.1, port USB 3.1 Type-C, port USB 2.0, port RJ45 atau LAN, port line out, port microphone, card reader, dan juga port HDMI. Dell XPS Desktop juga didukung soundcard 5.1 channel audio dengan teknologi Waves MaxxAudio Pro.

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh Dell XPS Desktop generasi baru ini adalah kemampuan upgrade-nya. Pabrikan asal Amerika serikat ini mendukung penggunaan dua buah hard disk dan dua buah SSD tambahan. Soal pasokan daya, Dell XPS Desktop ini dibekali dengan power supply berdaya 360 watt atau 500 watt.

Soal media penyimpanan, Dell XPS Desktop ini dibekali dengan dual storage yang terdiri dari SSD M.2 PCIe berkapasitas 512GB dan sebuah hard disk berkapasitas 2TB SATA III 7200rpm untuk menampung data pengguna. Belum ada informasi mengenai kapan Dell XPS generasi baru ini masuk pasar Indonesia, seperti yang dilansir dari The Verge.

Artikel sebelumnya Martin Carter dan Allia Rosa Kembangkan Bisnis Mobile Internet Bernama Tren
Artikel berikutnya Prosesor Workstation AMD Ryzen Threadripper Pro 64-Core Pertama di Dunia Resmi Diumumkan