Skip to content
Buka Setiap Hari (10:00-21:00) 021-6013636 087878723456 ask@yolori.com
Buka Setiap Hari (10:00-21:00) 087878723456
Dampak Revolusi Teknologi Pada Pola Kehidupan Abad - 21

Dampak Revolusi Teknologi Pada Pola Kehidupan Abad - 21

Sadar atau tidak kita sekarang telah mengalami perubahan yang sangat besar semenjak teknologi dan internet mulai berkembang pesat. Teknologi dan internet berkembang sangat cepat membuat kita harus terpacu untuk mengejar ketertinggalan. Perangkat dengan sistem pintar dan canggih sudah sangat mudah di dapatkan. Akibatnya, kita dituntut untuk melek terhadap perubahan di era digital ini dengan cara terus update perkembangan yang terjadi.

Sangat perlu pencerahan agar kita menjadi pengguna teknologi dan internet yang bijak serta cerdas dalam menyikapi apa saja yang tersedia dalam internet. Selain itu, berikut agar kita tidak dipengaruhi dan dikontrol oleh teknologi.

Apa saja pengaruh perkembangan teknologi dan internet buat anda?

1. Semuanya menjadi mudah di era teknologi

teknologi revolusi

Pergaulan global menjadi salah satu yang akan di dapatkan ketika orang mulai mengenal internet. Tatanan kehidupan sedikit demi sedikit mulai berubah di hampir semua bidang kehidupan sehari-hari. Seperti saat kita berbelanja, berpergian, memesan makanan dan minuman, berbisnis, berkomunikasi, dan sebagainya yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari. Kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi dan internet telah berhasil merubah pola kehidupan manusia saat ini.

Perkembangan yang terjadi juga bisa dengan mudah di pelajari oleh manusia dengan cepat melalui koneksi internet mereka dan juga membantu untuk manusia berinteraksi dengan mudah. Seperti, menghubungi sanak saudara yang pergi jauh hingga keluar negeri bisa dengan mudah berkomunikasi dengan adanya internet dan teknologi saat ini. Dibalik kemudahan itu, terdapat pula bahaya mengintai bagai pisau bermata dua yang bisa saja melukai sang pengguna.

2. Teknologi mulai mengambil alih kontrol kehidupan

Revolusi teknologi

Seharusnya kita sudah sadar akan revolusi teknologi yang juga merevolusi kehidupan saat ini, ditandai dengan mulai mengerti apa itu teknologi, haus akan informasi, selalu berusaha mencari informasi terbaru, takut ketinggalan informasi, butuh apresiasi yang lebih, ingin mendapatkan pengakuan, mengejar popularitas, bersaing untuk tampil paling depan tanpa peduli sekitar. Itulah contoh revolusi kehidupan saat ini.

Itu juga berlaku dalam ranah sosial manusia saat ini. Banyak sekali orang yang merasa dirinya itu sangatlah harus memposting berita atau kehidupan sehari-harinya, tidak peduli berita itu benar atau tidak dan kelakuannya patut di contoh atau tidak yang terpenting bagi mereka adalah terus update setiap hari. Bahkan, sampai kelakuan-kelakuan yang seharusnya menjadi aib juga mereka ingin update.

Sadar gak? Secara perlahan teknologi itu menuntun kamu untuk merubah pola pikir dan merubah pola kehidupan. Yang tadinya mau belanja harus kepasar, sekarang tinggal pencet aja di mbah GOOGLE apa saja yang ingin kamu beli. Oleh sebab itu, Jadilah seseorang cerdas dan bijak dalam memanfaatkan teknologi serta internet, jangan sampai teknologi mengontrol hidupmu dan keluargamu.

3. Semua orang dapat terhubung dengan teknologi dan internet

revolusi teknologi

Sosial media dan media komunikasi lainnya telah berhasil merubah cara manusia berpikir. Sekarang, semua orang dapat memiliki akses untuk berhubungan satu sama lain, internet menjadi tempat untuk berekspresi dan bersuara, transisi budaya, belajar menjadi semakin mudah. Tidak salah, di Indonesia memakai busana ala eropa dan meniru gaya hidup disana.

Contoh fenomena lain, seperti seseorang sedang melakukan perjalanan yang harusnya tidak diketahui orang banyak, namun malah di sebar pada media sosial. Orang semakin mudah untuk menemukan satu sama lain, berkomentar atau bereaksi. Saat seseorang sudah merasa populer mulai timbulah rasa kecanduan internet. Mengintai seseorang melalui sosial medianya menjadi hal lumrah apalagi orang yang dipantau sangat aktif pada media sosial, hal tersebut sangat berbahaya dan rentan akan tindak kriminal.

Bagaimana sih kita harus menyikapi revolusi teknologi?

Menolak revolusi teknologi adalah hal yang mustahil selama kita hidup di dunia, dibuktikan dengan banyaknya manusia yang sudah merubah gaya hidup mereka secara tidak langsung. Kita sebagai manusia yang mempunyai akal dan pikiran, menjadilah cerdas dalam menggunakan teknologi dan internet. Cermatlah dalam memilih informasi yang anda terima dari internet.

Dalami dan patuhi etika dalam berinternet. Jangan menjadi kriminal dengan menyebar konten atau berita hoax. Trend dan “kekinian’ boleh-boleh saja asal tahu batas dan norma-norma kehidupan. Pilah-pilah mana yang menurutmu baik dan mana yang buruk.

Previous article 30% Produksi Apple Dipindahkan, Indonesia Menjadi Salah Satu Pilihan!
Next article Intel Unite Solution - Solusi Kolaborasi tanpa kabel dan gangguan delay