Skip to content
Apple akan Beralih ke CPU ARM?

Apple akan Beralih ke CPU ARM?

apple

Credit image: shutterstock

Kabar mengejutkan datang dari Apple. Perusahaan yang terkenal dengan logo buah apel tergigit ini kabarnya akan beralih dari prosesor Intel ke prosesor berbasis ARM. Informasi ini bersumber dari laporan Bloomberg dan jika terbukti, maka di masa depan laptop dan PC Mac akan menggunakan prosesor ARM.

Apple kabarnya akan mengumumkan rencana untuk pindah ke desain prosesor CPU sendiri untuk Mac di acara WWDC (Worldwide Developers Conference) yang akan digelar minggu 22 Juni 2020 mendatang. Prosesor baru tersebut dikatakan berbasis ARM dan diproduksi oleh TSMC dengan teknologi fabrikasi 5nm.

Kabar ini sebenarnya tidak mengejutkan mengingat sudah sejak lama beredar desas-desus bahwa Apple akan mengembangkan desain prosesor sendiri. keputusuan mengembangkan prosesor sendiri sebenarnya sudah diambil Apple untuk platform iPhone, iPad, dan iPod Touch dengan prosesor seri A yang terbukti menawarkan performa tinggi.

Berdasarkan informasi yang beredar, alasan utama Apple beralih dari prosesor Intel ke prosesor berbasis ARM yang didesain sendiri adalah meningkatkan kemandirian dan tidak tergantung pada Intel.

Selain soal kemandirian, Apple dikabarkan kurang puas dengan kemajuan Intel di dunia prosesor. Hal ini sebenarnya terlihat sejak rilis prosesor Intel Skylake hingga Comet Lake yang memang tidak menawarkan perubahan arsitektur dan lompatan performa yang signifikan.

Apple juga sepertinya enggan harus mengikuti pengaturan rilis prosesor Intel yang memengaruhinya dalam meluncurkan laptop atau PC generasi baru. Dengan memproduksi dan mendesain prosesor sendiri, Apple akan lebih bebas menentukan waktu rilis laptop dan PC terbarunya.

Arsitektur prosesor baru akan dilisensikan dari ARM, memungkinkan Apple untuk mendesain dan membuat perubahan untuk mengkonfigurasi spesifikasi persis sesuai dengan keinginannya. Informasi dari analis Ming-Chi Kuo, prosesor generasi awal akan mengusung hingga 12 core, dibagi antara delapan core berkinerja tinggi dan empat yang hemat energi.

Apple diperkirakan akan meluncurkan Mac berbasis ARM pada tahun 2021 mendatang. Seperti yang dilansir dari Toms Hardware (09/06/2020), transisi Apple ke prosesor besutannya akan berlangsung secara bertahap mulai dari perangkat utama yang dengan daya rendah. Intel kabarnya masih akan memasok prosesor untuk PC berkinerja tinggi seperti Mac Pro.

Previous article Trailer Perdana Game Star Wars: Squadrons Dirilis
Next article Microsoft Tampilkan Iklan Edge di Hasil Pencarian