Skip to content
Apa itu Software? Ketahui Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Apa itu Software? Ketahui Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Tahukah kamu, Apa itu software? Yuk, cari tahu jawabannya dengan menyimak ulasan berikut.

Bagi kamu yang awam dengan peralatan elektronik dari komputer mungkin bertanya-tanya tentang apa itu software?

Jika demikian, kamu perlu menyimak informasi berikut yang membahas terkait pengertian, fungsi hingga jenis dari software. Disimak, Yuk!

Apa itu Software?

Software umum dikenal sebagai perangkat lunak dari komputer. Software komputer merupakan sejumlah data digital berupa program, informasi, dokumentasi yang bisa dijalankan dengan komputer.

Software menjadi bagian penting dari operasional komputer yang tidak berwujud fisik karena merupakan sekumpulan data elektronik. Software menjadi penghubung antara hardware dengan pengguna komputer. Tanpa software, komputer mustahil untuk dioperasikan.

Software dibuat oleh programmer dengan menggunakan bahasa pemrograman atau bahasa mesin yang mampu dikenal oleh mesin hardware pada komputer. Contoh software salah satunya yaitu software Windows yang untuk menjalankannya perlu proses install terlebih dahulu.

Pada PC atau komputer, software biasanya tersimpan khusus pada drive C. Sehingga pada saat terjadi error pada software hanya drive C yang terkena dampaknya.

Apa Saja Fungsi Software?

Dari ulasan di atas, kamu pasti sudah bisa menerka fungsi software. Perangkat lunak atau software menjadi catatan bagi komponen komputer. Dimana digunakan untuk menyimpan tugas atau perintah dan juga dokumen lainnya.

Jelasnya ada beberapa fungsi penting dari software yaitu:

  1. Mengatur dan mengintegrasikan komponen hardware dari komputer atau laptop untuk menyelesaikan instruksi dan perintah yang diberikan oleh pengguna.
  2. Menjadi penghubung antara software, hardware, dan juga pengguna komputer.
  3. Menjadi kebutuhan utama komputer agar bisa dijalankan sesuai fungsinya. Ketiadaan software menjadikan komputer hanya sebagai benda mati tanpa manfaat.

Apa Saja Jenis-jenis Software?

Software dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis, diantaranya:

Application Program

Application program yakni perangkat lunak yang dikembangkan oleh programmer untuk tujuan atau tugas spesifik tertentu. Untuk memasukkannya dalam komputer maka perlu melalui proses install terlebih dahulu.

Application program sudah sangat beragam, contohnya Microsoft Office yang dibuat untuk melakukan pekerjaan kantoran. Dimana dalam satu paket software Microsoft Office didalamnya memuat aplikasi seperti Ms. Word, Ms.Excel, Ms. PowerPoint, dan lain sebagainya.

Ada juga aplikasi khusus untuk mendesain dan mengedit gambar seperti CorelDraw, Photoshop, dan GIMP. Application Program ada yang sudah menjadi aplikasi bawaan saat kamu membeli PC atau laptop seperti Microsoft Office.

Akan tetapi, jika kamu ingin meng-upgrade edisi baru, tersedia Ms. Office berbayar yang bisa kamu beli.

Operating System

Operating system software merupakan software yang lebih kompleks dibanding application program. Hal ini karena software jenis operating system berfungsi untuk mengelola dan mengkoordinasi kinerja dan performa dari komponen komputer.

Operating system berperan dalam mengoptimalkan integrasi semua komponen komputer untuk menyelesaikan instruksi yang diberikan oleh pengguna. Software sistem operasi yang umum digunakan seperti Windows, Linux, DOS, dan UNIX.

Programming Language

Programming language atau bahasa pemrograman merupakan software yang menerjemahkan instruksi dengan bahasa program yang digunakan untuk program aplikasi komputer.

Software yang cukup populer digunakan yaitu Java, Microsoft Visual Basic, dan PHP. Software ini biasa digunakan programmer untuk membuat aplikasi yang menggunakan bahasa pemrograman.

Nah, sekarang kamu sudah tahu mengenai apa itu software?

Jenis serta fungsinya. Menggunakan software yang memiliki fungsi kerja tertentu sudah sangat banyak jenisnya.

Kamu tinggal memilih, mengunduh, dan mendownload secara gratis atau berbayar untuk ditambahkan pada PC ataupun laptop. Semoga informasi ini menambah wawasanmu tentang hal-hal terkait software yang digunakan pada komputer.

Artikel sebelumnya Prosesor Workstation AMD Ryzen Threadripper Pro 64-Core Pertama di Dunia Resmi Diumumkan
Artikel berikutnya Perangkat Keras Komputer paling Esensial yang Mesti Ada