Skip to content
Acer Indonesia Siapkan Empat Produk Chromebook untuk Program Laptop Merah Putih

Acer Indonesia Siapkan Empat Produk Chromebook untuk Program Laptop Merah Putih

Acer Indonesia ternyata adalah salah satu partner yang ditunjuk pemerintah dalam proyek Laptop Merah Putih yang dinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Tak kurang dari empat tipe laptop Chromebook telah diluncurkan oleh Acer untuk programe laptop Merah Putih ini, yakni Acer Chromebook 311 C733T, Acer Chromebook 311 C733, Acer Chromebook Spin 511 R752T, dan Acer Chromebook 311 CB311-9HT.

Keempat laptop Acer Chromebook ini berdasarkan penelusuran penulis, beberapa tipe sudah dijual melalui e-commerce dengan harga kisaran Rp 4,3 - 5,2 juta. Meski demikian, Anandita Puspitasari selaku Consumer Marketing Manager Acer Indonesia enggan memaparkan informasi detail mengenai harga tiap unit dan jumlah produksi Chromebook yang menjadi bagian dari program Laptop Merah Putih.

"Mohon maaf kami tidak memberikan informasi terkait angka dan detilnya. Tapi sebagai informasi, Acer sebagai salah satu pelaku industri TIK Tanah Air mendukung program pemerintah dalam penyediaan perangkat komputasi mendukung program pemerintah tersebut melalui kehadiran empat Chromebook yang semuanya telah bersertifikasi TKDN.”

"Kami memiliki beragam lini produk dan beragam model yang kami maksudkan untuk bisa memenuhi kebutuhan beragam para pelanggan dengan latar yang beragam pula. Mulai dari kebutuhan para pelajar, pekerja kantoran, gamer, hingga kreator yang melakukan proses komputasi berat, kami memiliki produk yang mewakilkan. Semua laptop yang kami hadirkan tersebut memiliki ciri khas tersendiri yang dapat memberikan nilai tambah bagi para penggunanya sehingga mampu menarik perhatian konsumen Tanah Air," kata Anindita.

Lalu seperti apa gambaran spesifikasi laptop Merah Putih besutan Acer ini? Acer Chromebook 311 C733T adalah salah satu tipe yang sudah beredar dan dijual di beberapa e-commerce terkemuka tanah air. Laptop ini dibekali dengan layar dengan kemampuan sentuh berukuran 11,6 inci dengan resolusi HD 1366 x 768 piksel.

Sedangkan untuk dapur pacunya, Acer Chromebook 311 C733T ditenagai oleh prosesor Intel Celeron N4120 generasi Gemini Lake yang mengusung quad-core dengan kecepatan 1,1Ghz dan TurboBoost hingga 2,6GHz, serta ditandemkan dengan RAM sebesar 4GB LPDDR4 onboard. Sementara sektor grafis, Acer Chromebook 311 C733T diperkuat oleh Intel UHD Graphics 600 terintegrasi yang cukup memadai untuk komputasi sehari-hari.

Sedangkan untuk media penyimpanan, Acer Chromebook 311 C733T dibekali dengan eMMC berkapasitas 32GB. Konektivitas Acer Chromebook 311 C733T ini cukup lengkap dengan hadirnya WiFi 5 802.11a/b/g/ac, Bluetooth 5.0, port USB 3.1 Gen1, port USB Type-C, dan microSD slot. Laptop Chromebook andalan Acer ini juga dilengkapi dengan webcam HD untuk melakukan video call atau online meeting,

Sesuai namanya, Acer Chromebook 311 C733T ini menggunakan sistem operasi berbasis cloud, yakni Chrome OS yang dikembangkan oleh Google. Laptop ini memiliki daya tahan baterai yang cukup andal di kelasnya dengan dukungan baterai berkapasitas 45WHrs 3920mAh lithium ion yang diklaim mampu bertahan hingga 12 jam penggunaan. Kelebihan lain yang dimiliki oleh Acer Chromebook 311 C733T adalah dibekali dengan bodi tangguh dengan standar militer MIL-STD-810G.

Seperti informasi yang telah dirilis sebelumnya, Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) telah menggandeng kampus top tanah air untuk mengembangkan laptop Merah Putih, yakni Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Institut Teknologi Bandung (ITB).
Previous article Kontroversi Spesifikasi Laptop Merah Putih, Ini Penjelasan Kemndikbud Ristek
Next article Smekar dan NesbuOne, Laptop Rakitan Siswa SMK Tegal