Performa Laptop Dell Melambat? Ini Cara Mengatasinya!

Laptop Dell selama ini dikenal sebagai komputer jinjing berkualitas dan cukup bandel untuk penggunaan dalam jangka waktu lama. Meski terkenal durabel, performa laptop dapat mengalami penurunan seiring berjalannya waktu.

ketika laptop masih baru, performanya masih cukup prima dan pengguna dapat mengerjakan tugas dengan cepat, serta efisien. Namun ketika telah mengalami penurunan, performa laptop akan melambat dan dapat mengganggu produktifitas pengguna.

Ciri-Ciri Laptop Dell Mengalami Penurunan Performa

  • Laptop membutuhkan waktu lama untuk boot ke sistem operasi atau berhenti merespons.
  • Aplikasi membutuhkan waktu lama untuk dijalankan atau merespons.
  • Laptop merespons dengan lambat atau berhenti merespons selama aktivitas pengguna seperti mengklik dan mengetik.
  • Laptop membutuhkan waktu lama atau berhenti merespons selama shutdown atau restart.
  • Peramban dan aplikasi lain berhenti merespons atau sering berhenti merespons.

Jika mengalami satu atau beberapa ciri-ciri di atas, sudah dipastikan laptop mengalami penurunan kinerja. Berikut ini ada beberapa tips untuk mengatasi dan meningkatkan kembali kinerja laptop Dell andalan Anda.

Baca Juga :  Ini Trik Sederhana Tingkatkan Kecepatan WiFi

Memanfaatkan SupportAssist

Salah satu fitur yang dimiliki laptop Dell adalah SupportAssist. Fitur ini secara otomatis akan menganalisa laptop dan kemudian memberikan saran jika terdeteksi ada masalah. Begini cara menggunakan SupportAssist di laptop Dell:

  • Tekan dan tahan Windowstombol ( Tombol Windows), lalu tekan qtombol .
  • Di kotak pencarian ketik SupportAssist .
  • Pilih SupportAssist (App) dalam daftar hasil.
  • Sentuh atau klik Mulai Sekarang untuk menjalankan tes.
  • SupportAssist menjalankan tes satu per satu dan memberikan hasil serta tindakan yang disarankan.

Bersihkan Laptop dari Virus dan Malware

Salah satu penyebab performa laptop Dell mengalami penurunan tanpa sebab yang jelas adalah adanya aktivitas malware atau virus yang menyedot performa sistem. Lakukan scanning menggunakan aplikasi sejenis Malwarebytes, antivirus atau bisa juga menggunakan aplikasi Windows Security untuk memastikan bahwa tidak ada malware atau virus.

Baca Juga :  Laptop Mengalami Overheating? Lakukan 6 Hal Ini untuk Mengatasinya

Upgrade RAM

Kadangkala laptop mengalami penurunan performa bukan karena ada masalah, melainkan kekurangan memori RAM karena penggunaan yang kian berat. Solusinya adalah melakukan upgrade atau menambah RAM agar performa laptop dalam menjalankan banyak aplikasi sekaligus kian mulus dan powerful.

Upgrade ke SSD

Bagi pengguna laptop Dell yang masih menggunakan hard disk sebagai storage utamanya, tak ada salahnya beralih ke SSD. Selain konsumsi dayanya lebih efisien, SSD menawarkan transfer rate yang jauh lebih kencang daripada hard disk biasa. Anda akan merasakan lompatan kinerja dan loading sistem yang signifikan setelah melakukan upgrade ke SSD.