ORNL Frontier, Super Komputer Tercepat di Dunia dengan Kinerja 1,1 Exaflops

Oak Ridge National Laboratory (ORNL) secara resmi telah meluncurkan super komputer tercepat di dunia saat ini dengan kinerja menembus 1,1 exaflops. Bahkan ORNL Frontier ini dinobatkan sebagai super komputer tercepat yang pertama kali menembus kinerja exascale. Super komputer dengan kinerja tinggi ini digunakan untuk membantu memecahkan berbagai masalah ilmiah yang kompleks, seperti pemodelan iklim yang akurat, simulasi fusi nuklir, dan penemuan obat.

“Kami sangat senang prosesor AMD EPYC dan akselerator AMD Instinct mentenagai superkomputer tercepat, paling hemat energi, dan pertama di dunia yang memecahkan penghalang exascale,” kata Forrest Norrod, senior vice president and general manager, Data Center Solutions Group, AMD.

“Inovasi dan memberikan kinerja dan efisiensi yang lebih untuk superkomputer sangat penting untuk mengatasi tantangan paling kompleks di dunia. Prosesor AMD EPYC dan akselerator AMD Instinct terus mendorong komputasi kinerja tinggi, memberikan kinerja yang dibutuhkan untuk memajukan penemuan ilmiah.”

Istilah super komputer sendiri menurut Wikipedia adalah komputer dengan spesifikasi jauh di atas rata-rata komputer biasa yang memimpin di dunia dalam kapasitas proses, terutama kecepatan penghitungan, pada awal perkenalannya. Kinerja superkomputer biasanya diukur dalam operasi titik mengambang per detik (FLOPS).

Super komputer canggih ORNL Frontier ini ditenagai oleh prosesor server AMD EPYC 7003 generasi ketiga yang menggunakan nama sandi Milan. Kelebihan prosesor AMD EPYC generasi ketiga ini adalah dukungan arsitektur anyar Zen 3 yang diklaim memberikan performa hingga dua kali lipat untuk beban kerja HPC dibandingkan dengan pesaing terdekatnya.

Tak hanya itu, rahasia kecepatan super komputer ORNL Frontier ini tak terlepas dari keunggulan prosesor AMD EPYC 7003 series yang digunakan. Prosesor tersebut diklaim meningkatkan pemrosesan database transaksional hingga 19%, meningkatkan pengurutan analitik big data Hadoop hingga 60% dengan harga / performa 61% lebih baik, dan menawarkan performa unggul untuk Hyperconverged Infrastructure yang fleksibel.

Pada sistem super komputer ORNL Frontier ini, prosesor AMD EPYC tidak bekerja sendirian, melainkan didampingi dengan akselerator dari AMD Instinct MI250x yang powerful. Kombinasi keduanya membuat super komputer canggih ini mampu menghasilkan performa akhir mencapai 6,86 exaflop yang diukur dengan pengujian High-Performance Linpack-Accelerator Introspection atau HPL-AI.

Selain itu, test and development system (TDS) Frontier mengamankan posisi teratas dalam daftar Green500, memberikan efisiensi daya 62,68 gigaflops/watt dari satu kabinet prosesor AMD EPYC Generasi ke-3 yang dioptimalkan dan akselerator AMD Instinct MI250x.

Super komputer ORNL Frontier rencananya akan dilakukan pengujian lanjutan dan proses validasi sistem. Setelah itu, ORNL Frontier akan mulai menerima akses sains muali 2022 ini dan terbuka penuh pada awal 2023 mendatang.