MSI MEG 342C QD-OLED, Monitor gaming Pertama dengan Teknologi Quantum Dot OLED

Micro Star International atau yang lebih dikenal dengan sebutan MSI telah resmi memperlkenalkan monitor gaming terbarunya yang mengusung teknologi canggih melalui seri MSI MEG 342C QD-OLED. Salah satu daya tarik monitor MSI MEG 342C QD-OLED ini adalah merupakan monitor gaming pertama yang mengusung teknologi Quantum Dote OLED (QD-OLED) panel. Lalu apa sebenarnya teknologi QD-OLED ini? Apa saja kelebihannya?

Teknologi QD-OLED yang digunakan pada MSI MEG 342C QD-OLED ini menggunakan layer bahan OLED biru digunakan untuk menerangi piksel yang berisi titik kuantum merah dan hijau. Setiap piksel OLED dibagi menjadi tiga subpiksel: subpiksel biru yang terdiri dari bahan OLED biru asli, subpiksel merah dengan titik kuantum yang disetel merah, dan subpiksel hijau yang dihasilkan oleh titik kuantum yang disetel hijau. Ini kemudian dapat digabungkan untuk menciptakan cahaya putih sejati.

Tidak seperti saat menggunakan filter, transformasi warna yang dilakukan oleh titik-titik kuantum hampir tidak kehilangan energi cahaya. Dengan menggunakan metode pencahayaan OLED ini, QD-OLED baru dikatakan tampil lebih terang daripada TV OLED saat ini sambil tetap mempertahankan kemampuan untuk meredup sepenuhnya.

Baca Juga :  Dell S2721DGF, Monitor Idaman Gamer Dengan Resolusi QHD

Spesifikasi monitor gaming MSI MEG 342C QD-OLED juga cukup mentereng di kelasnya dengan ukuran mencapai 34 inci yang menggunakan panel dengan aspek rasio 21:9 yang lebar dan imersif, serta didukung resolusi mencapai 3440 x 1440 piksel. Ukuran yang besar dipadukan dengan resolusi tinggi diharapkan mampu menhasilkan pengalaman visual yang mantap.

Gamer membutuhkan monitor dengan performa tinggi dan MSI MEG 342C QD-OLED ini memiliki kemampuan yang mumpuni. MSI membekali monitor gaming andalannya ini dengan refresh rate mencapai 175Hz yang mampu menghasilkan animasi dan game yang smooth, bebas stuttering dan screen tearing. Monitor ini juga gegas dengan response time 0,1ms GTG.

Tak hanya performanya yang kencang, monitor MSI MEG 342C QD-OLED juga mamopu menghasilkan warna yang berkualitas tinggi. Warnanya lebih dari akurat dengan teknologi MSI True Color dan Mode Warna Premium eksklusif yaitu hingga 99,3% DCI-P3, 97,8% Adobe RGB, dan 139,1% sRGB dengan akurasi Delta E 2 untuk pengalaman bermain game yang realistis dan hiburan kasual sehari-hari.

Baca Juga :  MSI MEG 342C QD-OLED, Monitor gaming Pertama dengan Teknologi Quantum Dot OLED

Selain itu, MSI mengklaim bahwa MEG 342C QD-OLED adalah salah satu monitor pertama dengan teknologi Human Machine Interface (HMI) 2.0, bersama dengan MEG AEGIS Ti5. Dalam siaran persnya, MSI menjelaskan HMI 2.0 sebagai teknologi yang memungkinkan MEG 342C QD-OLED untuk menyinkronkan menu OSD monitor dan opsi PC, seperti kecerahan dan mode monitor.

Sayangnya sampai artikel ini ditulis, belum ada informasi mengenai kapan monitor gaming MEG 342C QD-OLED akan diluncurkan di pasaran. Belum ada informasi juga mengenai harga dari monitor anggih ini