Ini Tips Ampuh Mengatasi Laptop Hang

Saat sedang serius mengerjakan tugas kuliah atau bahkan pekerjaan kantor, tiba-tiba laptop hang dan kursor tidak dapat digerakkan. Hal ini tentu menjadi mimpi butuk bagi pengguna laptop masa kini, terlebih sedang mengerjakan tugas yang sangat penting. Sebenarnya, laptop mengalami hang itu adalah hal yang biasa terjadi dan bisa disebabkan oleh banyak faktor.

Ketika laptop mengalami hang, sebaiknya tetap tenang dan jangan panik. Cobalah untuk mnunggu sekitar 5 menit sambil beristirahat sejenak. Kadangkala, laptop membutuhkan waktu untuk menangani pekerjaan yang ada di latar belakang atau background yang kadang membuatnya hang untuk sementara waktu.Ketika sudah dinanti tidak kunjug membaik, sudah saatnya dicari penyebabnya.

Analisa Penyebab Laptop Hang

Hal yang pertama dilakukan adalah menganalisa penyebab laptop mengalami hang. Ini bisa berasal dari banyak faktor, yakni dari perangkat keras maupun perangfkat lunak. Jika penyebabnya berasal dari perangkat keras seperti hard disk rusak atau prosesor overheat, maka diperlukan service atau penggantian part jika diperlukan. Namun jika penyebabnya adalah software, maka dapat ditangani dengan beberapa trik.

Baca Juga :  Begini Cara Mengatasi Bluetooth Bermasalah di Windows 11

Kurangi Beban Kerja Laptop

Laptop dapat mengalami hang jika beban kerjanya melebihi resource yang dimiliki, seperti menjalankan browser Chrome dengan puluhan tab yang terbuka secara bersamaan, menjalankan banyak aplikasi sekaligus, menjalankan tugas berat seperti randering sambil mengerjakan tugas lain, dan sebagainya. Terlebih multitasking ini dilakukan di laptop dengan spesifikasi rendah, maka hang pun terjadi.

Solusinya adalah bekerja efisien dengan menutup beberapa aplikasi yang tidak digunakan. Jika sedang menjalankan tugas berat seperti rendering video, sebaiknya tidak sambil menjalankan aplikasi lain. Tutup aplikasi yang tidak digunakan. Hal ini akan menghemat resource yang dimiliki oleh laptop dan mengurangi potensi hang.

Tutup Paksa Aplikasi Melalui Task Manager

Aplikasi yang tidak bekerja dengan baik atau mengalami masalah, dapat menyebabkan laptop menjadi hang. Solusinya adalah menutup paksa aplikasi tersebut melalui task manager, caranya adalah:

Baca Juga :  Apakah SSD Bisa Bad Sector? Ini Jawaban dan Penjelasannya

Tekan kombinasi tombol Ctrl + Alt + Del

  • Pilih Task Manager
  • Cari dan lakukan End Task untuk keluar pada aplikasi yang mengalami not responding.
  • Jika laptop sudah normal kembali maka lakukan restart

Bagiamana jika cara di atas tidak mempan dan keyboard pun tak merespon? Solusinya adalah mematkan paksa laptop dengan cara menekan tombol power dalam waktu lama sampai laptop mati. Kemudian nyalakan kembali. Cara ini kadang dapat mengatasi masalah hang, tetapi tidak disarankan karena dapat berpotensi merusak sistem operasi dan juga hard disk.

Jika menggunakan cara mematikan paksa laptop ternyata tidak membuahkan hasil, kemungkinan laptop telah mengalami kerusakan pada hardware atau software sehingga tidak dapat bekerja dengan baik. Solusinya adalah membawa ke service center terdekat untuk ditangani lebih lanjut.