MSI Titan GT77 Diperkenalkan di Computex 2022, Cocok untuk Desktop Replacement

Ajang pameran teknologi komputer bergengsi Computex 2022 dimanfaatkan dengan baik oleh vendor untuk memperkenalkan produk terbaru mereka, salah satunya adalah Micro Star International atau yang dikenal dengan sebutan MSI. Ada beberapa produk canggih yang diperkenalkan MSI di ajang tersebut, salah satu yang menarik adalah laptop gaming MSI Titan GT77.

Sesuai namanya, MSI Titan GT77 ini mengusung layar berukuran 17,3 inci yang lega dan cocok untuk desktop replacement. Sayangnya, MSI masih belum mengungkapkan spesifikasi detail dari layar laptop gaming ini. Jika dilihat dari track record-nya, MSI kemungkinan akan menghadirkan hingga 4K UHD (Ultra High Definition) untuk lini MSI Titan GT77.

“Kami dengan bangga memperkenalkan MSI Titan GT77, pemenang Best Choice Golden Award COMPUTEX 2022 dan Red Dot 2022, bersama dengan produk pemenang penghargaan lainnya yang merealisasikan inovasi dan dominasi berkelanjutan MSI pada lini gaming, content creation, dan business & productivity di skala global, ” kata Sam Chern, MSI Marketing Vice President.

Baca Juga :  AYA NEO 2, Konsol Game Portabel yang Powerful Bertenaga AMD Ryzen 7 6800U

Berdasarkan informasi yang penulis himpun, laptop gaming canggih MSI Titan GT77 akan ditenagai oleh prosesor Intel Core i9-12950HX. Prosesor ini mengusung arsitektur hybrid yang terdiri dari performance core Golden Cove untuk menangani aneka tugas berat dan efficiency core Gracemont untuk menangani tugas ringan dan proses di latar belakang dengan konsumsi daya yang lebih hemat.

Prosesor Intel Core i9-12950HX yang digunakan oleh laptop gaming ini mengusung 16 core ini terdiri dari 8 performance core atau P-core dengan arsitektur Golden Cove yang masing-masing memiliki dua jalur pemrosesan atau thread dengan base clock 2,3GHz dan turbo clock mencapai 5GHz. Selain itu, prosesor ini juga diperkuat dengan 8 efficiency core atau E-core dengan arsitektur Gracemont dengan base clock 1,7GHz dan turbo clock mencapai 2,6GHz. Versi yang lebih murah akan ditenagai prosesor Intel Core i5-12450HX.

Baca Juga :  Laptop Gaming vs Desktop Gaming, Pilih Mana?

Sedangkan untuk GPU, laptop gaming MSI ini menyediakan dua opsi grafis diskrit kelas atas yang dapat dipipilih sesuai kebutuhan, yakni Nvidia GeForce RTX 3080 Ti dengan TGP maksimal hingga 175W dan GeForce RTX 3070 Ti dengan TGP maksimal hingga 15W. Kinerja laptop gaming MSI ini tampaknya sanggup memainkan game AAA maupun eSports dengan setting grafis maksimal tanpa masalah.

Sampai saat ini belum ada informasi detail mengenai spesifikasi teknis lainnya dari laptop gaming MSI Titan GT77 ini. Namun, berdasarkan informasi yang penulis himpun, MSI Titan GT77 akan dibekali dengan dukungan RAM DDR5 dan slot SSD M.2 PCIe 4.0 untuk ekspansi media penyimpanan.

MSI sendiri rencananya akan memperkenalkan lini produk laptop gaming yang ditenagai oleh prosesor Intel Core 12th Gen Alder Lake terbaru melalui acara bertajuk MSIology: Ahead of the Curve yang rencananya akan digelar pada 7 Juni 2022 mendatang.