Asus ROG Strix SCAR 17 Special Edition dengan Prosesor Intel Core HX Series

Tak lama setelah Intel mengumumkan kehadiran lini prosesor powerful Core 12th gen HX series, banyak produsen atau OEM yang bergerak cepat menghadirkan laptop dengan prosesor tersebut. Asus adalah salah satu brand laptop yang memperkenalkan laptop gaming anyar dengan dukungan prosesor Intel Core 12th gen HX series melalui laptop gaming canggih Asus ROG Strix SCAR 17 Special Edition.

Varian tertinggi dari laptop gaming canggih Asus ROG Stix SCAR 17 Special Edition akan ditenagai oleh prosesor Intel Core i9-12950HX. Prosesor ini mengusung arsitektur hybrid yang terdiri dari performance core Golden Cove untuk menangani aneka tugas berat dan efficiency core Gracemont untuk menangani tugas ringan dan proses di latar belakang dengan konsumsi daya yang lebih hemat.

Prosesor Intel Core i9-12950HX yang digunakan oleh ROG Strix SCAR 17 Special Edition mengusung 16 core ini terdiri dari 8 performance core atau P-core dengan arsitektur Golden Cove yang masing-masing memiliki dua jalur pemrosesan atau thread dengan base clock 2,3GHz dan turbo clock mencapai 5GHz. Selain itu, prosesor ini juga diperkuat dengan 8 efficiency core atau E-core dengan arsitektur Gracemont dengan base clock 1,7GHz dan turbo clock mencapai 2,6GHz.

Baca Juga :  Layar Laptop Gaming Dengan Resolusi Tinggi Atau Refresh Rate Tinggi, Mana Yang Lebih Cocok untuk Gaming?

Asus membekali laptop gaming canggih ROG Strix SCAR 17 Special Edition dengan layar berukuran 17,3 inci yang lega dan cocok dipertimbangkan sebagai desktop replacement. Ukuran layar yang besar ini juga ditunjang dengan resolusi tinggi yang mencapai 2.5K 2560 x 1440 piksel dengan panel berteknologi IPS-Level.

Guna menunjang pengalaman bermain game yang mulus, layar laptop gaming ROG Strix SCAR 17 Special Edition andalan Asus ini mengusung refresh rate mencapai 240Hz dengan response time yang sangat gegas, yakni 3ms saja. Tak hanya mengandalkan performa yang kencang, layar laptop gaming ini juga mampu menghasilkan warna yang kaya dan akurat dengan color gamut mencapai 100% DCI-P3, serta sudah mendukung Dolby Vision.

Sedangkan untuk GPU, laptop gaming Asus ROG Strix SCAR 17 Special Edition menyediakan dua opsi grafis diskrit kelas atas yang dapat dipipilih sesuai kebutuhan, yakni Nvidia GeForce RTX 3080 Ti dengan TGP maksimal hingga 175W dan GeForce RTX 3070 Ti dengan TGP maksimal hingga 15W. Kinerja gaming ROG Strix SCAR 17 Special Edition ini tampaknya sanggup memainkan game AAA maupun eSports dengan setting grafis ‘rata kanan’ tanpa masalah.

Baca Juga :  Mengenal Refresh Rate Layar dan Mengapa itu Penting untuk Gamer

Performa laptop ini kian kencang dengan dukungan memori DDR5 4800MHz berkapasitas 64GB serta penyimpanan PCIe SSD Gen4 yang dikonfigurasikan secara RAID 0 sehingga memastikan seluruh aplikasi dan game dapat beroperasi secara gesit.

Panas tentunya menjadi musuh utama semua laptop gaming saat ini, termasuk ROG Strix SCAR 17 Special Edition ini. Asus membekalinya dengan solusi pendinginan berbasis vapor chamber yang dilengkapi liquid metal Thermal Grizzly Conductonaut Extreme sebagai thermal compound untuk CPU dan GPU-nya. Hal ini dipadukan dengan solusi ROG Intelligent Cooling guna membuang panas saat bermain game intensif.

Sayangnya sampai artikel ini ditulis, belum ada informasi pasti mengenai kapan Asus ROG Strix SCAR 17 Special Edition akan masuk pasar Indonesia dan berapa kisaran harganya.