Asus Mini-PC EEEBOX E520 B129EDU, Komputer Ringkas Cocok untuk Pelajar

Pembelajaran tatap muka sudah mulai digencarkan lagi seiring pulihnya dunia dari pandemi. PC menjadi salah satu sarana untuk mendukung proses belajar bagi para pelajar dan mahasiswa. Selama ini, PC desktop kurang dilirik untuk pelajar dan mahasiswa karena ukurannya yang besar dan memakan banyak tempat. Tentu hal ini menjadi masalah bagi yang memiliki kamera berukuran kecil atau space terbatas. ASUS mencoba memberikan solusi dengan menawarkan Asus Mini-PC EEEBOX E520 B129EDU, Komputer Ringkas Cocok untuk Pelajar

Bagi pelajar dan mahasiswa yang menginginkan pengalaman belajar dengan PC desktop dengan space yang kecil, dapat mempertimbangkan Asus Mini PC EEEBOX E520 B129EDU. Kelebihan utama komputer Asus Mini-PC EEEBOX E520 B129EDU ini adalah ukurannya yang sangat ringkas karena telah mengusung form factor Micro Form Factor (MFF) yang merupakan subkategori dari SFF (Small Form Factor) yang dirancang untuk menghadirkan PC berukuran kecil.

Bagi yang memiliki meja atau space yang sangat kecil, komputer mini Asus Mini-PC EEEBOX E520 B129EDU ini bisa menjadi pilihan. Ukuran komputer besutan Asus ini sangat ringkas dan volume casingnya bahkan hanya 1 liter saja. Sekilas, Asus Mini-PC ini terlihat sebuag router atau wireless access point yang memang sangat ringkas dan dapat diletakkan di ruang yang sempit.

Baca Juga :  Asus ROG Zephyrus M16 GU603Z Diperkenalkan, Andalkan Dukungan Prosesor Intel Core Generasi Ke-12

Meski ukuran Asus Mini-PC EEEBOX E520 B129EDU ini sangat ringkas, performa yang ditawarkan terbilang cukup powerful untuk kegiatan belajar mengajar seperti mengerjakan tugas, menjalankan office, browsing, streaming, dan komputasi harian lainnya. Hal ini tak lepas dari dapur pacu Asus Mini-PC EEEBOX E520 B129EDU yang ditenagai oleh prosesor Intel Core i3-7100T.

Intel Core i3-7100T memang bukan prosesor generasi baru, tetapi kinerjanya tidak bisa dipandang sebelah mata. Prosesor ini mengusung arsitektur Intel Core 7th yang menggunakan nama sandi Kaby Lake yang mengusung 2 core dengan 4 jalur pemrosesan atau thread dengan kecepatan 3,9GHz. Sayangnya, prosesor ini memang tidak dilengkapi dengan fitur Turbo Boost. Komputer mini Asus Mini PC EEEBOX E520 B129EDU ini dibekali dengan RAM sebesar 4GB yang cukup memadai.

Sedangkan sektor grafis, komputer mini Asus Mini PC EEEBOX E520 B129EDU ini bisa diandalkan untuk komputasi sehari-hari dengan dukungan GPU terintegrasi dari Intel UHD Graphics 630 yang mengusung 24 EUs dengan kecepatan 1050Mhz.

Baca Juga :  Mengenal Keunggulan Layar Asus OLED

Sektor media penyimpanan, komputer mini Asus Mini PC EEEBOX E520 B129EDU ini cukup luas dengan dukungan hard disk berkapasitas 500GB untuk menampung data pengguna. Bagi yang membutuhkan performa lebih kencang dan responsif, dapat melakukan upgrade ke solusi SSD (Solid State Drive).

Port atau konektivitas yang disediakan oleh komputer mini Asus Mini PC EEEBOX E520 B129EDU ini juga terbilang lengkap dengan hadirnya 1 x Headphone, 2x USB 3.1 Gen 1, 1 x Microphone, 1 x USB 2.0, 1 x COM Port(Serial Port) (Optional), 1 x Parallel Port (Optional), 1 x DC-in, 1 x RJ45 LAN, 2 x USB 3.1 Gen 1, 1 x Kensington Lock, 1 x DisplayPort, dan 1 x HDMI-Out.

Tak hanya ukurannya yang ringkas dengan fitur lengkap, Asus Mini PC EEEBOX E520 B129EDU ini juga dijual dengan harga yang terjangkau, yakni hanya Rp 6 jutaan saja tanpa monitor. Di dalam komputer mini ini telah terinstal sistem operasi Microsoft Windows 10.