Layar Laptop Gaming Dengan Resolusi Tinggi Atau Refresh Rate Tinggi, Mana Yang Lebih Cocok untuk Gaming?

Saat memutuskan untuk membeli sebuah laptop untuk bermain game, kita pasti disuguhi dengan lembar spesifikasi yang menampilkan aneka macam konfigurasi yang bersifat teknis, termasuk layar. Beberapa laptop gaming dengan harga terjangkau saat ini rata-rata menawarkan layar dengan resolusi full HD dengan refresh rate standar 120Hz atau mungkin 144Hz.

Sementara beberapa laptop gaming yang dijual dengan harga lebih mahal, menawarkan resolusi layar lebih tinggi yakni WQHD 1440p atau WQXGA 1600p dengan refresh rate yang lebih rendah, yakni 120Hz atau bahkan hanya refresh rate standar seperti pada monitor biasa, yakni 60Hz. Ketika gamer memiliki budget lebih untuk memilih laptop gaming, banyak yang sulit memilih antara layar dengan refresh rate tinggi atau layar dengan resolusi tinggi.

Refresh rate sendiri adalah pengukuran seberapa cepat tampilan dapat menggambar gambar baru, diukur dalam hertz (Hz). Tampilan laptop dan desktop biasa menyegarkan pada 60Hz, atau 60 refresh per detik, sementara tampilan game bertujuan untuk kecepatan refresh yang lebih tinggi yang memungkinkan gerakan lebih halus dengan sedikit blur. Refresh rate tinggi juga berguna untuk mengurangi efek screen tearing dan stuttering yang mengganggu saat bermain game.

Baca Juga :  Begini Cara Meningkatkan Performa Laptop Gaming

Beberapa laptop gaming dengan harga di atas Rp 20 jutaan menawarkan layar dengan resolusi hanya full HD, tetapi refresh rate-nya sangat tinggi yakni mencapai 240Hz atau bagkan 300Hz. Dengan rentang harga yang sama, ada laptop gaming yang menawarkan layar dengan resolusi lebih tinggi dengan refresh rate yang lebih rendah. Lalu, mana yang harus dipilih antara layar dengan refresh rate tinggi atau resolusi tinggi untuk gaming?

Pilih Refresh Rate Tinggi Jika…

Anda dapat memiliki laptop dengan layar refresh rate tinggi jika menggunakan laptop tersebut murni untuk gaming saja atau hardcore gaming. Selain itu, refresh rate tinggi dapat menjadi pilihan bagi gamer yang sering memainkan game kompetitif multiplayer yang memang membutuhkan kecepatan untuk memenangkannya. Refresh rate tinggi akan mampu menghasilkan gambar lebih smooth dan jelas, terutama ketika frame rate tinggi.

Baca Juga :  Asus ROG Zephyrus M16 GU603Z Diperkenalkan, Andalkan Dukungan Prosesor Intel Core Generasi Ke-12

Pilih Layar Resolusi Tinggi Jika…

Jika membutuhkan sebuah laptop gaming yang lebih all-rounder, maka layar laptop gaming dengan resolusi tinggi dapat menjadi pilihan. Layar dengan resolusi tinggi akan mampu menghasilkan tampilan visual yang lebih detail dan imersif. Saat gamer memainkan game single player atau game yang non kompetitif, laptop dengan resolusi tinggi akan lebih memuaskan mata karena mampu memaksimalkan kualitas grafis dari game tersebut.

Tak hanya cocok untuk menikmati visual dalam game, layar dengan resolusi tinggi juga cocok untuk kegiatan kreasi konten. Tampilan yang lebih detail dan halus membuat proses editing foto dan video menjadi lebih nyaman. Terlebih, didukung dengan layar yang mampu menampilkan color gamut yang luas dan akurasi warna yang baik.