AYA NEO 2, Konsol Game Portabel yang Powerful Bertenaga AMD Ryzen 7 6800U

Tren konsol game portabel akhir-akhir ini meningkat cukup pesat setelah kemunculan Steam Deck. Vendor asal Tiongkok, AYA NEO, tak mau kalah dengan menghadirkan pesaingnya melalui seri AYA NEO Air dan AYA NEO Next. Belum lama ini AYA NEO telah memperkenalkan konsol game portabel terbarunya, yakni AYA NEO 2 yang menawarkan performa powerful di kelasnya.

AYA NEO 2 ini tampil dengan desain yang tak jauh berbeda dengan kebanyakan konsol game portabel lainnya dengan dukungan layar lebar yang diapit dengan tombol kontrol di sisi kanan dan kirinya. Tak lupa, Konsol game ini juga menyediakan kontrol analog untuk pengalaman bermain game yang lebih menyenangkan bagi gamer

Kinerja yang tinggi menjadi daya tarik utama konsol game portabel AYA NEO 2 ini karena ditenagai oleh prosesor mobile AMD Ryzen 7 6800U yang biasanya disematkan di laptop kelas menengah dan atas. Keungggulan prosesor AMD Ryzen 7 6800U generasi Rembrandt ini mengusung octa-core 16 thread berarsitektur Zen 3+ yang berlari dengan kecepatan 2,7GHz dengan Turbo maksimal 4,7GHz.

Baca Juga :  Mengenal Refresh Rate Layar dan Mengapa itu Penting untuk Gamer

Dibandingkan dengan prosesor AMD Ryzen generasi terakhir, prosesor AMD Ryzen 6000 Series Rembrandt yang digunakan oleh konsol game ini menggunakan daya hingga 30% lebih sedikit untuk konferensi video. Prosesor ini juga diklaim menawarkan kecepatan pemrosesan hingga 1,3 kali lebih cepat dan grafis hingga 2,1 kali lebih cepat dari Seri 5000. Kinerja AYA NEO 2 kian optimal dengan ditandemkan RAM LPDDR5-6400Mhz dengan kapasitas yang belum diketahui.

Selain prosesor yang kencang, performa gaming sebuah perangkat juga ditentukan oleh GPU. Lalu seberapa kencang kemampuan grafis konsol game ini? AYA NEO 2 dibekali dengan GPU terintegrasi dari AMD Radeon 680M iGPU sudah sangat bertenaga karena mengusung arsitektur RDNA 2 dengan mengusung 768 shader core, 48 TMUs, dan 32 ROPs yang berlari dengan kecepatan 2200MHz dengan antarmuka memori system shared.

Baca Juga :  Dell Inspiron 16 5625, Laptop Layar Besar Bertenaga AMD Ryzen 5000

Banyak yang meragukan performa GPU terintegrasi dari AMD Radeon 680M ini, tetapi AYA NEO mengklaim performanya tak jauh berbeda dengan grafis diskrit Nvidia GeForce GTX 1050 Ti varian laptop. Bahkan secara teori, AYA NEO 2 memiliki potensi performa grafis dua kali lipat lebih kencang dari Steam Deck karena mampu menghasilkan kinerja 3,38 TFLOPS.

AYA NEO telah memamerkan konsol game ini mampu memainkan game terkini seperti Metro Exodus, Cyberpunk 2077, Witcher 3, Elden Ring, dan beberapa judul game populer lainnya dengan lancar.

AYA NEO 2 kabarnya masih tetap mengusung layar berukuran 7 inci dengan resolusi 800p. Sampai saat ini memang pihak AYA Neo belum mengungkapkan spesifikasi detail seperti kapasitas storage, RAM, dan juga harga dari konsol game ini. Perangkat ini kabarnya akan diperkenalkan akhir tahun 2022 dengan harga yang masih belum diketahui.