Cara Mengatasi Windows 11 Tidak Mau Shut Down

Windows 11 adalah sistem operasi paling mutakhir besutan Microsoft yang menawarkan perubahan dan fitur yang signifikan jika dibandingkan dengan pendahulunya. Namun, perangkat lunak termasuk Windows 11 memang tak bisa lepas dari masalah seperti bug yang membuat beberapa fungsinya terganggu. Salah satunya adalah beberapa pengguna laptop atau PC desktop pernah mengalami Windows 11 tidak mau shut down.

Masalah PC atau laptop tidak mau shut down sebenarnya juga pernah dialami oleh sistem operasi Windows 10 dan kini juga dialami oleh beberapa pengguna Windows 11. Sebenarnya masalah ini tidak selalu disebabkan oleh bug dari sistem operasi, bisa juga disebabkan oleh bug dari driver perangkat keras, pengaturan yang salah, dan masalah lainnya. Ciri masalah ini adalah ketika pengguna mengklik tombol shit down, maka tidak terjadi reaksi apa-apa atau bahkan hanya proses shut down yang tak pernah berakhir.

Baca Juga :  Nekat Instal Windows 11 di PC atau Laptop yang Tidak Didukung? Ini yang akan Terjadi

Menggunakan CTRL + ALT + Del

Salah satu cara ampuh mengatasi Windows 11 tidak mau shut down adalah menggunakan cara klasik dengan menekan kombinasi tiga tombol, yakni CTRL + ALT + Del. Setelah itu akan muncul layar hitam dengan opsi untuk Shut Down. Klik shut down untuk mematikan PC atau laptop.

Menggunakan fitur CMD

Bagaimana jika cara klasik CTRL + ALT + Del tidak bekerja? Anda dapat mencoba memerintahkan Windows 11 untuk shut down melalui CMD atau Command Prompt. Caranya adalah klik search, ketik CMD dan jalankan command prompt. Kemudian ketik perintah berikut ini:

shutdown /s

Setelah mengetik perintah di atas, tekan enter agar PC atau laptop shut down.

Lakukan Update Driver dan Windows

Windows 11 adalah sistem operasi baru yang kadang masih mengandung bug. Microsoft terus melakukan pengembangan dan perbaikan bug agar sistem operasi andalannya berjalan sempurna. Perbaikan bug ini biasanya dirilis melalui Windows Update. Lakukan update jika tersedia untuk mengatasi bug yang mungkin menyebabkan Windows 11 tidak mau shut down.

Baca Juga :  Ini Trik Sederhana Tingkatkan Kecepatan WiFi

Kadang kala Windows 11 tidak dapat shut down disebabkan oleh bug pada driver perangkat keras, sehingga tidak dapat bekerja dengan baik. Solusinya adalah melakukan update driver melalui fasilitas Windows Update atau website resmi produsen perangkat keras yang digunakan.

Tekan Tombol Power

Bagaimana jika Anda terburu-buru dan laptop atau PC tidak mau shut down? Cara paling cepat adalah menekan tombol power dan menahannya beberapa detik hingga PC atau laptop mati. Sayangnya, cara ini bukan cara yang benar untuk shut down Windows dan berpotensi menimbulkan error atau masalah di masa mendatang, seperti file sistem korup atau hard disk bad sector.