Inilah Laptop Dell Yang Paling Ramah Lingkungan

Kerusakan lingkungan memang menjadi ancaman serius bagi semua mahkluk yang hidup di bumi ini. Tak heran, kampanye pelestarian lingkungan kian digencarkan. Produsen elektronik seperti laptop pun kini mengambil peran untuk menghadirkan produk yang ramah lingkungan dan menggunakan material daur ulang pada komponennya. Salah satu brand laptop yang gencar menggunakan material ramah lingkungan adalah Dell Technologies.

Pabrikan laptop asal Amerika Serikat ini mengungkapkan bahwa pihaknya meluncurkan produk baru yang menggunakan material berkelanjutan yang ramah lingkungan guna membantu mengatasi masalah limbah dan keterbatasan sumber daya. Salah satu lini laptop Dell yang paling ramah lingkungan adalah laptop bisnis Latitude 5000.

“Tujuan Dell adalah menciptakan teknologi yang mendorong kemajuan manusia. Kami terinspirasi oleh kesempatan untuk mengubah berbagai hal menjadi lebih baik untuk generasi mendatang. Tujuan ini jelas terlihat dalam cara-cara baru kami merancang dan mengemas produk-produk kami untuk mengurangi dampak lingkungan, limbah, dan emisi,” kata Rahul Tikoo, senior vice president, Client Product Group, Dell Technologies.

Baca Juga :  Dell Vostro 13 5310, Laptop Bisnis Kencang dengan Layar FHD+

Apa yang membuat laptop Dell Latitude 5000 ini ramah lingkungan? Tutup atau LID cover laptop canggih Latitude 5000 ini terbuat dari 71 persen bahan yang dapat didaur ulang dari industri pembuatan kertas (21 persen), serat karbon yang direklamasi (20 persen) dan plastik paska konsumsi yang didaur ulang (30 persen).

Tak hanya itu, bagian dasar atau chasis laptop Dell Latitude 5000 ini juga dibuat dengan material ramah lingkungan seperti reklamasi (20 persen) dan rubber feet berbasis bio terbaru yang terbuat dari minyak biji jarak (39 persen). Penggunaan dua material ini sangat penting untuk mengurangi ketergantungan terhadap minyak bumi yang tiap hari makin menipis.

Komponen lain yang digunakan oleh laptop Dell Latitude 5000 ini juga terbuat dari ocean-bound plastic atau sampah plastik yang berakhir di lautan. Hal ini adalah bentuk komitmen Dell untuk membantu mengurangi sampah di lautan. Salah satu komponen yang menggunakan plastik ocean-bound ini adalah housing kipas pada Dell Latitude 5000 yang penggunaannya mencapai 28%.

Baca Juga :  Ini 5 Alasan Dell Inspiron 14 5410 Cocok untuk Mendukung Mobilitas

Selain unit laptopnya, kemasan laptop Dell Latitude 5000 ini juga terbuat dari bahan kertas yang 100% dari bahan daur ulang dan 100% dapat didaur ulang kembali. Dell kini mengembangkan berbagai upaya dan kerja sama yang sudah ada dengan perluasan penggunaan bahan-bahan baru berkelanjutan dan terbarukan di lebih banyak produk dan platform.

“Sejak awal, Dell menyadari perlunya kolaborasi lintas industri untuk mengatasi masalah plastik yang berakhir di laut ini, dan mendorong pengembangan dan peluncuran NextWave Plastic – satu-satunya konsorsium perusahaan-perusahaan global yang bekerja sama untuk membangun jaringan pemasok plastik ocean-bound dan membuatnya bernilai bagi masyarakat di mana bahan/material tersebut berasal,” kata Dune Ives, CEO Lonely Whale.