Ini Tips Aman dan Praktis Bawa Laptop untuk Mudik

Tak terasa, bulan Ramadan 2022 sudah hampir berakhir. Seperti biasa, tradisi warna Indonesia saat menjelang hari raya idul fitri adalah pulang kampung atau yang lebih dikenal dengan istilah mudik. Saat ini pandemi sudah terkontrol dan masyarakat telah divaksin, sehingga pemerintah membolehkan mudik tahun ini setelah dua tahun sebelumnya dilarang.

Selain membawa oleh-oleh dan perlengkapan pribadi, kadang pemudik juga terpaksa harus membawa laptop karena masih ada beberapa pekerjaan yang mungkin belum terselesaikan atau ada data penting di dalamnya. Lalu bagaimana agar tetap aman membawa laptop saat mudik? Berikut beberapa tips yang telah penulis himpun dari berbagai sumber.

Gunakan Backpack Khusus Laptop

Saat mudik, sebaiknya gunakan tas punggung atau backpack khusus laptop untuk menyimpan laptop selama perjalanan mudik. Jangan menyimpan laptop di tas yang sama dengan pakaian atau oleh-oleh, karena rawan terjadi kerusakan. Penggunaan backpack khusus laptop akan mengurangi risiko tersebut.

Backpack khusus laptop biasanya memang dirancang untuk menyimpan laptop dengan aman dan dilengkapi busa atau pelindung yang memadai agar laptop tetap aman saat tas jatuh atau terbentur. Selain itu, backpack khusus laptop biasanya dilengkapi dengan kompartemen khusus untuk menyimpan peralatan lain seperti mouse, charger, power bank, dan sebagainya.

Backup Data dan Beri Password pada Laptop

Kadang kala kita harus membawa laptop kantor yang di dalamnya terdapat data rahasia perusahaan atau data pribadi yang mungkin sensitif. Amankan data tersebut dengan memberi password pada laptop atau manfaatkan fitur fingerprint sensor dengan Windows Hello jika tersedia. Hal ini penting agar jika terjadi kehilangan laptop, data tidak jatuh ke tangan orang lain.

Selain mengamankan laptop, pengguna juga wajib melakukan backup data penting ke storage eksternal seperti hard disk atau SSD eksternal. Opsi backup dengan cloud storage juga disarankan agar data lebih aman. Hal ini penting agar ketika terjadi kehilangan laptop, data penting masih aman di backup.

Jangan Tinggalkan Laptop di Mobil

Bagi yang mudik dengan kendaraan sendiri, sebaiknya tidak meninggalkan laptop di dalam kabin mobil yang terparkir dalam waktu lama, mengapa? Saat mobil terparkir dalam waktu lama, suhu dalam kabin biasanya naik signifikan. Jika laptop tersimpan di dalam mobil, maka akan terpapar suhu tinggi dan akan mengurangi umur beberapa komponennya.

Aksesoris Tambahan

Bagi pemudik yang masih memiliki tanggungan pekerjaan atau mungkin content creator, maka perlu membawa aksesoris tambahan agar laptop nyaman digunakan selama perjalanan. Beberapa aksesoris yang wajib di bawa adalah meja laptop portabel, cooling pad, modem, dan mouse. Dukungan aksesoris tambahan ini akan membuat Anda nyaman bekerja di mana saja, seperti rest area, tempat singgah atau di dalam kabin kereta api.