Hal yang Perlu Diketahui Saat Memilih Laptop untuk Content Creator

Era modern dengan perkembangan teknologi digital yang pesat telah melahirkan banyak profesi baru, salah satunya adalah Content Creator. Konten yang menarik dan memiliki value menjadi salah satu sarana menghasilkan trafik dan akhirnya berbuah menjadi cuan. Pembuat konten disebut sebagai Content Creator. Proses pembuatan konten sendiri dibutuhkan PC dan laptop yang kompeten.

Suburnya profesi Content Creator membuat para produsen laptop pun menghadirkan lini produk yang dirancang khusus untuk kebutuhan kreasi konten. Lalu sebenarnya seperti apa laptop Content Creator yang ideal? Berikut ini hal yang diperhatikan saat memilih laptop untuk Content Creator agar tidak menyesal di kemudian hari.

Performa yang Kompeten

Proses pembuatan konten seperti editing video dan foto, proses rendering, dan sebagainya membutuhkan kinerja yang powerful. Jika menggunakan laptop dengan spesifikasi terbatas, proses pembuatan konten akan tetap berjalan tetapi membutuhkan waktu yang lama. Agar waktu lebih efisien, maka laptop dengan kinerja tinggi adalah syarat mutlak untuk sebuah Content Creator.

Laptop untuk Content Creator harus memiliki kinerja prosesor yang kencang dan sanggup menangani multitasking berat sekalipun. Pilih laptop yang mengunakan prosesor dengan TDP yang tinggi, yakni 35W ke atas seperti yang biasa digunakan pada laptop gaming.

Baca Juga :  Dell Inspiron 15 Plus 7510, Laptop Powerful yang Cocok untuk Content Creator

Selain prosesor yang kencang, dibutuhkan GPU diskrit yang kompeten guna mengakselerasi proses rendering dan editing. Sebagian besar aplikasi besutan Adobe dan yang lainnya telah mendukung GPU acceleration untuk mempercepat proses editing dan rendering konten.

Pendinginan yang Mumpuni

Laptop dengan prosesor berkinerja tinggi dan GPU yang kompeten saja tidak cukup untuk seorang Content Creator. Selain performa, dibutuhkan solusi pendinginan yang ampuh guna meredam panas dan menjaga performa laptop agar tetap stabil dan bebas dari throttling atau bahkan overheat. Bayangkan saja saat proses rendering, tiba-tiba performa anjlok karena throtling atau bahkan error karena laptop mengalami overheat. Hal ini tentu tidak efisien.

Solusi pendinginan yang ampuh di laptop Content Creator sangat diperlukan agar kinerjanya tetap stabil meski digunakan secara maraton untuk tugas berat seperti editing dan rendering video. Terlepas dari solusi pendinginan yang ampuh, Content Creator juga kadang perlu mengistirahatkan laptop agar berumur lebih panjang.

Baca Juga :  Dell Inspiron 14 5425, Laptop Ringan yang Cocok untuk Kreasi Konten

Layar dengan Color Gamut Luas dan Akurat

Layar adalah salah komponen kunci nomor dua setelah performa untuk laptop Content Creator. Pilihlah laptop yang menawarkan layar dengan color gamut luas, yakni 100% DCI-P3 atau bahkan 100% Adobe RGB dengan resolusi minimal WQXGA. Tak hanya color gamut luas, tetapi juga akurasi warna yang tinggi dengan delta E > 1 atau telah mengantongi sertifikasi Pantone Validated.

Akurasi warna ini penting untuk menghasilkan konten dengan warna yang presisi sesuai dengan keinginan Content Creator. Selain itu, layar dengan akurasi warna yang tinggi juga sangat membantu saat proses color grading foto maupun video agar warna yang tampil di layar lebih nyata dan akurat.

Konektivitas Lengkap

Content Creator tak bisa lepas dari perangkat eksternal seperti eksternal storage, kamera, smartphone, dan juga monitor eksternal. Dibutuhkan konektivitas atau port yang lengkap seperti Port USB Type-A, Port USB Type-C, Port Thunderbolt, Port HDMI, DisplayPort, dan sebagainya. Adanya port yang lengkap memudahkan Content Creator memindahkan foto dan video dari dan ke perangkat eksternal tanpa repot menggunakan dongle tambahan.