Tips Merawat Laptop Dell Gaming Series Agar Tetap Prima

Dell Gaming Series merupakan lini laptop gaming yang menawarkan performa powerful dengan harga yang terbilang kompetitif. Bagi seorang gamer, laptop gaming adalah sebuah investasi yang harus selalu dirawat agar memberikan performa prima dan pengalaman bermain game yang stabil dan tahan lama. Berikut ini beberapa tips merawat laptop gaming Dell Gaming Series agar performanya tetap powerful dan tahan lama.

Bersihkan Secara Teratur

Laptop gaming seperti Dell Gaming Series biasanya dibekali dengan solusi pendinginan yang kompeten. Meski demikian, laptop ini harus dibersihkan ecara teratur karena debu adalah musuh utama solusi pendinginannya. Ketika debu menumpuk di dalam kipas datau sistem pendinginan laptop, maka performa pendinginan tidak optimal dan memicu overheat.

Guna mencegah overhet karena sistem pendinginan terganggu, gamer harus rajin membersihkan jeroan laptop Dell Gaming Series. Area sekitar kipas harus dibersihkan dari debu dan dicek putarannya. Jika perlu, datang ke service center untuk mengganti thermal paste yang mungkin sudah tidak optimal lagi untuk menyalurkan panas.

Baca Juga :  Mengenal Dell Mobile Connect, Sambungkan Smartphone dengan Mudah ke Laptop

Baca Juga : Jangan Lakukan Hal Ini Agar Laptop Dell Tetap Awet

Gunakan Pendingin Tambahan

Jika diperlukan, gamer dapat menggunakan solusi pendinginan tambahan di laptop Dell Gaming Series agar suhu laptop senantiasa terkendali, meski digunakan untuk bermain game dalam waktu lama. Ketika komponen laptop terpapar suhu panas dalam waktu lama, maka secara tak langsung akan mengurangi umur pakainya. Sehingga penting untuk menjaga suhu laptop saat digunakan untuk bermain game.

Beri Waktu Istirahat

Seperti yang sudah penulis singgung sebelumnya, meski laptop gaming seperti Dell Gaming Series dibekali dengan komponen spesial untuk bermain game. Akan tetapi, panas tetap menjadi salah satu ‘musuh’ yang membuat komponen laptop tidak awet.

Gamer hardcore biasanya bermain dalam waktu yang sangat lama dan intensif, hal ini dapat meningkatkan suhu atau panas laptop secara signifikan dan mengurangi umur laptop. Berikan laptop Dell Gaming Series ini waktu untuk istirahat sejenak untuk menrunkan suhu atau panas dalam bodi laptop.

Baca Juga :  Dell Vostro 13 5310, Laptop Bisnis Kencang dengan Layar FHD+

Belanja laptop gaming disini

Update Driver dan Sistem Operasi

Hal yang kadang terlupakan oleh gamer maupun pengguna laptop gaming seperti Dell Gaming Series adalah update driver dan sistem operasi. Update driver terutama driver kartu grafis kadang dapat meningkatkan performanya hingga sekian persen. Selain itu, update tersebut juga turut meningkatkan stabilitas dan kenyamanan penggunaan sehari-hari.

Update sistem operasi tak kalah penting dengan update driver. Kadang sistem operasi yang digunakan terdapat bug yang membuat performa laptop mengalami penurunan atau optimasi yang kurang matang. Solusinya adalah rajin update sistem operasi untuk memperbaiki bug dan meningkatkan optimasi yang dibutuhkan perangkat keras agar dapat mencapai performa yang maksimal.

Demikian tips merawat laptop Dell gaming, semoga bermanfaat.