Dell XPS 9305 vs Apple Macbook Air M1, Pilih Mana?

Laptop yang tipis dan ringan adalah impian bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi. Bekerja dan berpindah dari satu tempat ke tempat lain akan semakin lincah jika didukung laptop yang ringan dan tidak membebani. Saat ini ada dua laptop tipis yang menawarkan performa kencang yang beredar di pasaran, yakni Dell XPS 9305 dan Apple Macbook Air M1.

Baik Dell XPS 9305 maupun Apple Macbook Air M1 ini sama-sama mengandalkan ukuran yang jauh lebih ringkas dari kebanyakan laptop yang beredar di pasaran. Lalu mana yang lebih layak pilih di antara keduanya? Dell XPS 9305 menggunakan OS Windows, sedangkan Apple Macbook Air menggunakan Mac OS.

Kualitas Layar

Sektor kualitas layar, Dell XPS 9305 unggul cukup signifikan atas Apple Macbook Air M1. Laptop Dell XPS 9305 menyediakan opsi layar dengan resolusi hingga 4K UHD+ 500 nits, 1500:1 CR, 100% sRGB + DCI P3 90% color gamut, Dolby Vision, HDR 400 dan dibekali dengan low blue light untuk melindungi mata. Selain itu, Dell juga menyediakan opsi touchscreen untuk penggunaan yang lebih fleksibel.

Baca Juga :  Dell XPS 9310 vs Apple Macbook Pro 13 M1, Pilih Mana?

Sedangkan Apple MacBook Air M1 juga menyediakan layar Retina yang cukup berkualitas dengan resolusi 2560 x 1600 piksel, serta tidak mendukung Dolby Vision. Resolusi ini jauh di bawah resolusi layar Dell XPS 9305 dan tidak menyediakan opsi touchscreen. Apple juga tidak menyediakan fitur low blue light secara hardware untuk melindungi mata.

Performa

Sektor performa, Dell XPS 9305 memang kalah kencang dan powerful jika dibandingkan dengan Apple M1 yang digunakan oleh MacBook Air M1, baik dari sisi performa prosesor maupun performa grafisnya. Tak hanya itu, konsumsi daya prosesor Apple M1 juga jauh lebih efisien daripada prosesor Intel yang digunakan oleh Dell.

Meski Dell XPS 9305 ditenagai oleh prosesor Intel Core i7-1165G7 kalah kencang jika dibandingkan dengan Apple M1, tetapi kinerjanya masih sangat powerful menangani komputasi masa kini. Pengguna masih dapat melakukan tugas-tugas berat secara intensif seperti desain grafis, render video atau membuka file Excel sheet dengan ukuran besar di laptop andalan Dell ini dengan mulus.

Baca Juga :  Dell XPS 9310 vs Apple Macbook Pro 13 M1, Pilih Mana?

Portabilitas

Sektor ukuran dan portabilitas, Dell XPS 9305 ini jelas mengungguli Apple MacBook Pro M1 dengan ketebalan hanya 15,8mm dan bobot hanya 1,1 kilogram saja. Sedangkan Apple MacBook Air M1 sedikit lebih tebal di 16,1mm dan beratnya mencapai 1,29 kilogram.

Port Konektivitas

Berbicara soal konektivitas, Dell XPS 9305 maupun Apple Macbook Air M1 bisa dikatakan hampir setara dengan dukungan Bluetooth dan WiFi 6. Namun untuk jumlah port, Dell XPS 9305 jelas lebih unggul dengan hadirnya microSD dan USB-C dongle dalam paket pembelian selain dua buah port Thunderbolt dan satu port USB-C.

Sedangkan Apple MacBook Air M1 hanya dibekali dengan dua buah port Thunderbolt dan port audio 3,5mm tanpa kehadiran slot microSD atau dongle dalam paket pembeliannya.