Rekomendasi Laptop Dell yang Cocok untuk Pelajar dan Mahasiswa

Seiring perkembangan teknologi, pelajar dan mahasiswa masa kini membutuhkan laptop untuk mendukung kegiatan belajar. Terlebih ketika masuk masa pandemi, kehadiran sebuah laptop sangat penting untuk menunjang pembelajaran jarak jauh melalui Google Meet maupun Zoom. Selain itu, laptop juga dibutuhkan untuk menyimpan data dan modul pembelajaran para pelajar dan mahasiswa.

Banyak yang bertanya, seperti apa idelanya sebuah laptop untuk pelajar dan mahasiswa ini? Pelajar dan mahasiswa pada umumnya tidak membutuhkan spesifikasi laptop yang terlalu tinggi, yang penting cukup untuk menangani komputasi sehari-hari dengan lancar. Namun, untuk mahasiswa dengan jurusan khusus seperti DKV, Teknik, Arsitektur, dan sebagainya tentunya memerlukan laptop dengan spesifikasi tertentu.

Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas rekomendasi laptop untuk pelajar dan mahasiswa umum dari brand Dell. Mengapa pilih Dell? Sebenarnya Dell memang tidak secara khusus merancang seri tertentu untuk pelajar dan mahasiswa. Akan tetapi selama ini Dell dikenal bandel dan menawarkan layanan after sales on-site yang sangat profesional.

Dell Vostro 3405

Salah satu laptop yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa adalah Dell Vostro 3405. Lini Vostro biasanya ditujukan untuk segmen bisnis. Meski demikian, juga dapat digunakan oleh pelajar dan mahasiswa. Kelebihan utama Dell Vostro 3405 adalah harganya yang terjangkau, sehingga cocok untuk pelajar atau mahasiswa yang memiliki budget pas-pasan.

Baca Juga :  Dell Inspiron 16 5625, Laptop Layar Besar Bertenaga AMD Ryzen 5000

Kinerjanya untuk menangani beban kerja atau belajar sehari-hari sudah lebih dari cukup karena Dell Vostro 3405 ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 3 3250U yang ditandemkan dengan RAM sebesar 4GB. Tak hanya itu, laptop ini dibekali storage yang luas berupa hard disk 1TB dan sudah diperkuat dengan layar resolusi full HD.

Dell Inspiron 3505

Belajar atau mengerjakan tugas dengan menatap monitor dalam waktu lama memang membuat mata lelah. Namun, hal ini dapat dikurangi dengan memilih laptop yang dibekali layar berukuran lebih besar seperti Dell Inspiron 3505. Layar laptop ini berukuran 15,6 inci membuat penggunanya lebih nyaman dalam waktu lama serta mampu memberikan pengalaman multimedia yang lebih imersif.

Sektor performa, Dell Inspiron 3505 ini mirip dengan Vostro 3405 dengan ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 3 3250U yang ditandemkan dengan RAM sebesar 4GB. Tak hanya itu, laptop ini dibekali storage yang luas berupa hard disk 1TB.

Dell Inspiron 3501

Dell Inspiron 3501 merupakan alternatif dari Inspiron 3505. Kedua laptop ini sama-sama dibekali dengan layar berukuran 15,6 inci yang mampu memberikan pengalam visual yang lebih memuaskan. selain itu, layarnya sudah mengusung narrow bezel atau frame yang tipis membuat ukuran laptop secara umum kian ringkas.

Baca Juga :  Ini 5 Alasan Dell Vostro 13 5310 Cocok untuk Pebisnis dengan Mobilitas Tinggi

Perbedaan utama Dell Inspiron 3501 dengan Inspiron 3505 adalah prosesor yang digunakan. Dell Inspiron 3501 ini tak kalah powerful dengan dipersenjatai prosesor Intel Core i3-1115G4 generasi Tiger Lake terbaru yang dikawinkan dengan RAM 256GB. Kinerja laptop ini kian nyaman untuk belajar karena dibekali SSD 256GB yang responsif.

Dell Inspiron 5415

Butuh performa yang lebih kencang untuk menangani tugas multimedia atau grafis? Mungkin Dell Inspiron 5415 adalah pilihan yang tepat. Laptop ini ditenagai prosesor yang kencang di kelasnya, yakni AMD Ryzen 5 5500U hexa-core dengan 12 thread yang cocok untuk melibas multitasking. Laptop ini juga didukung RAM sebesar 8GB yang menjamin kegiatan belajar dan tugas berjalan lancar tanpa lag.

Tak hanya mengunggulkan performa prosesor, Dell Inspiron 5415 ini juga didukung kinerja grafis yang andal. Meski hanya dibekali dengan GPU terintegrasi, tetapi kinerjanya tak bisa dipandang sebelah mata dengan dukungan AMD Radeon RX Vega 7 iGPU untuk menangani desain grafis ringan dengan mengusung 448 shader core, 28 TMUs, dan 8 ROPs dengan arsitektur Vega yang berlari dengan kecepatan 1800MHz dengan antarmuka memori system shared.