Laptop Gaming vs Desktop Gaming, Pilih Mana?

Bermain game adalah kegiatan rutin seorang gamer. Meski demikian, bukan gamer sekalipun banyak juga yang turut memainkan game. Laptop gaming dan desktop gaming adalah dua perangkat utama andalan gamer untuk memainkan game terkini favoritnya. Keduanya sama-sama menawarkan performa gaming yang kompeten dalam faktor bentuk yang berbeda. Lalu mana yang lebih layak pilih antara laptop gaming dan desktop gaming?

Berikut panduan singkat yang mungkin akan membantu Anda memilih mana yang lebih tepat untuk kebutuhan.

Portabilitas

Sektor portabilitas, jelas laptop gaming lebih unggul dari desktop gaming. Bahkan laptop gaming paling berat dan tebal sekalipun masih dapat menemani mobilitas pengguna untuk bermain game di mana saja yang diinginkan. Sedangkan dektop gaming biasanya hadir dengan casing berukuran besar dan harus membawa serta monitor untuk dapat digunakan.

Namun bagi gamer yang memang jarang atau tidak pernah bermain game di luar atau fokus bermain game di rumah, maka desktop gaming adalah pilihan yang tepat. Anda bisa mendapatkan spesifikasi desktop gaming yang lebih tinggi dari laptop gaming dengan harga yang sama.

Baca Juga :  Ketahui 5 Jenis Casing Komputer ini Sebelum Membeli

Kemampuan Upgrade

Anda membutuhkan mesin gaming yang memiliki kemampuan upgrade yang luas? Desktop gaming tampaknya adalah pilihan yang tepat. Setiap komponen yang terdapat dalam desktop gaming dapat diganti atau di-upgrade sesuai kebutuhan, mulai dari prosesor, RAM, VGA, storage, mainboard, power supply, dan bahkan casing desktop-nya juga dapat diganti jika memang dibutuhkan.

Lain halnya dengan laptop gaming yang rata-rata kemampuan upgrade yang terbatas. Laptop gaming ini biasanya hanya memungkinkan upgrade pada bagian RAM dan storage saja. Sedangkan komponen lain tidak dapat di-upgrade. Bagi pengguna yang menginginkan penggunaan perangkat gaming dalam jangka waktu lama, maka desktop gaming adalah pilihan yang tepat karena dapat di-upgrade sesuai kebutuhan dan perkembangan zaman.

Performa

Baik laptop gaming maupun desktop gaming sebenarnya sama-sama mengusung performa yang kencang dan sanggup memainkan game terkini. Namun bagi gamer yang membutuhkan performa yang maksimal dan powerful, maka gaming desktop adalah pilihan tepat. Komponen seperti prosesor atau GPU untuk desktop gaming biasanya tidak memiliki batasan konsumsi daya atau panas, sehingga performa bisa dimaksimalkan.

Baca Juga :  Alienware M15 R5, Laptop Gaming Canggih Bertenaga AMD Ryzen 5000 Series

Sedangkan komponen prosesor dan GPU untuk laptop memiliki batasan TDP (Thermal Design Power) yang perlu diperhatikan agar konsumsi dayanya efisien dan panas yang dihasilkan bisa terkontrol. Selain itu, solusi pendingin di laptop gaming tidak sebaik desktop gaming, sehingga kadang performa laptop dibatasi oleh produsen agar panas yang dihasilkan dapat dijinakkan oleh solusi pendinginan yang dibawanya.

Ketersediaan

Saat ini harus diakui bahwa ketersediaan laptop gaming lebih mudah dijumpai dibandingkan komponen desktop gaming, terutama untuk VGA card. Kelangkaan komponen, khususnya VGA card membuat harganya meroket dan sulit untuk mendapatkannya dengan harga normal sesuai MSRP.