Ini Keuntungan Menyambungkan Laptop ke Monitor Lengkap dengan Caranya

Sebagian pengguna laptop pasti mengetahui bahwa laptopnya dapat disambungkan ke monitor eksternal seperti sebuah komputer desktop. Sebenarnya ada banyak keuntungan menggunakan monitor eksternal saat bekerja dengan laptop. Selain menambah kenyamanan, juga dapat meningkatkan produktivitas.

Solusi monitor eksternal hanya dapat digunakan ketika Anda bekerja di rumah atau di kantor saja karena monitor tentunya menyusahkan jika dibawa kemana-mana. Lalu apa saja keuntungan bekerja dengan laptop yang dihubungkan dengan monitor eksternal?

Mendukung Kenyamanan

Bekerja dalam waktu lama dengan menatap monitor laptop yang berukuran kecil membuat mata lelah dan beberapa orang bahkan merasakan pusing. Layar berukuran kecil membuat font yang ditampilkan turut berukuran kecil dan membuat mata harus bekerja keras untuk fokus agar dapat membaca teks yang muncul di layar. Selain itu, hal ini juga memicu pengguna untuk mendekatkan mata ke layar yang membuat radiasi lebih kuat

Solusi dari masalah ini adalah menggunakan monitor eksternal yang berukuran lebih besar. Bekerja dalam waktu lama menggunakan monitor 24 inci atau lebih besar tentu lebih nyaman ketimbang layar laptop yang ukurannya hanya 14 – 15,6 inci. Hal ini membuat mata tidak lekas lelah dan jarak ke layar bisa lebih mundur karena tulisan yang tampil lebih jelas.

Baca Juga :  Tips Agar Laptop Tetap Aman

Menunjang Multitasking

Bagi Anda yang sehari-hari bekerja dengan membuka banyak aplikasi, tentu akan repot dan kurang nyaman jika hanya menggunakan satu buah layar berukuran 14 atau 15,6 inci. Bayangkan saja Ana harus membuka aplikasi Office bersamaan dengan ratusan tab di browser, memantau aplikasi trading, sembari menyimak Zoom meeting, tentu repot jika hanya mengandalkan satu layar.

Adanya monitor eksternal akan membuat layar menjadi lebih luas dengan mode extended, sehingga pengguna dapat membuka lebih banyak aplikasi dan dapat disimak secara bersamaan melalui monitor eksternal dan layar laptop.

Memperluas Ruang Kerja

Seringkali saat emmbuka beberapa aplikasi, kita harus mengatur ulang ukuran Window agar muat dalam satu layar. Hal ini kadang emmbuat tampilan aplikasi tidak optimal. Jika menggunakan monitor eksternal, kita dapat menjalankan aplikasi tersebut dengan lebih optimal tanpa harus mengorbankan ukuran Window.

Baca Juga :  Ini Trik Sederhana Tingkatkan Kecepatan WiFi

Cara Menghubungkan Laptop ke Monitor Eksternal

Lalu bagaimana cara menghubungkan laptop ke monitor eksternal? Semua laptop dapat dihubungkan ke monitor eksternal, hanya saja diperlukan kabel dengan konektor atau interface yang cocok. Beberapa interface yang umum digunakan oleh laptop saat ini adalah HDMI dan DisplayPort. Berikut langkah menyambungkan laptop ke monitor eksternal.

Nyalakan laptop

  • Sambungkan kabel input monitor ke laptop dengan HDMI atau DisplayPort
  • Pilih mode extended atau mirroring sesuai kebutuhan
  • Anda dapat mengatur mode dengan shortcut Fn + F5
  • Bagi laptop yang hanya menyediakan port USB Type-C (with display support) dapat membeli dongle terlebih dahulu