Fitur Canggih Windows 11 yang Wajib Kalian Coba

Microsoft telah resmi meluncurkan sistem operasi Windows 11 dan tersedia pada pengguna umum sejak 5 Oktober 2021 silam. Sistem operasi Windows 11 ini bisa dikatakan menawarkan peningkatan yang signifikan dari Windows 10 yang notabene adalah pendahulunya, baik dari sisi tampilan antarmuka maupun fiturnya.

Kehadiran sistem operasi Windows 11 ini memang sempat diwarnai kontroversi seperti spesifikasi minimal yang membutuhkan prosesor generasi baru, bug yang berpengaruh pada performa prosesor AMD Ryzen, dan SSD NVMe yang dikabarkan melambat. Terlepas dari kontroversi yang muncul, Windows 11 tetaplah sebuah sistem operasi yang kaya akan fitur canggih, penasaran? Berikut beberapa fitur baru yang wajib dicoba.

Menjalankan Aplikasi Android

Salah satu keunggulan sistem operasi Windows 11 adalah mampu menjalankan aplikasi Android. Hal ini tak lepas dari dukungan fitur Android Subsystem for Windows yang terinstal di dalamnya. Ini berarti pengguna Windows 11 dapat meningkatkan produktivitasnya dengan menginstal dan menjalankan aneka aplikasi Android yang biasa mereka gunakan di smartphone atau tablet.

Lalu bagaimana cara menjalankan aplikasi Android di Windows 11? Pengguna dapat mengunduh aplikasi Amazon Appstore dan menginstalnya terlebih dahulu melalui Microsoft Store. Setelah itu jalankan aplikasi Amazon Appstore dan buat akun Amazon terlebih dahulu jika belum memilikinya. Setelah itu, Anda dapat mengunduh lebih dari 500 ribu aplikasi Android di Amazon Appstore untuk dijalankan di PC Windows 11.

Manfaatkan Widget

Salah satu fitur sistem operasi Windows 11 yang cukup menarik perhatian adalah Widget. Fitur ini menghadirkan tampilan antarmuka mirip Live Tile dengan desain yang menarik di desktop Windows 11 dan menampilkan informasi seperti pengingat, kalender, berita terbaru, cuaca, Bing search, To-Do list, dan banyak lagi. Diharapkan kehadiran fitur widget ini dapat meningkatkan produktivitas penggunanya.

Sebenarnya fitur widget ini sudah ada sejak Windows Vista, tetapi kini dikemas lebih informatif dan menarik. Cara mengaktifkan atau mengakses fitur widget di Windows 11 ini cukup mudah, yakni cukup klik ikon widget yang terdapat pada taskbar Windows 11 yang telah mengalami desain ulang yang signifikan.

Microsoft Teams

Tak perlu diragukan lagi bahwa Microsoft Teams adalah salah satu aplikasi video conference paling powerful dan kaya fitur saat ini. Aplikasi ini sebenarnya sudah ada sejak dulu dan dapat dijalankan di sistem operasi Windows generasi sebelumnya atau perangkat lain seperti Android dan Mac. Lalu apa istimewanya di Windows 11?

Kelebihan Microsoft Teams di Windows 11 adalah integrasinya yang lebih menyeluruh. Hal ini membuat Microsoft Team menjadi bagian dari Windows 11 yang membuat penggunanya lebih mudah mengakses atau mengikuti virtual meeting dengan lebih mudah.

Multiple Desktop

Sistem operasi Windows 11 memungkinkan pengguna bekerja dengan beberapa deskto virtual sekaligus guna meningkatkan produktivitasnya. Pengguna dapat menjalankan aplikasi berdasarkan grup atau kategori yang diinginkan. Cara kerja fitur multiple desktop di Windows 11 ini sebenarnya serupa dengan yang ada di Mac OS atau Linux.

Cara menggunakan fitur multiple desktop di Windows 11 ini cukup mudah, yakni cukup mengklik ikon desktop yang ada di taskbar. Kemudian pengguna dap[at membuat desktop virtual dengan jumlah sesuai kebutuhan.